Sukabumi Update

Cerita di Balik Nama Karang Jawer, Batu Unik di Pantai Pangumbahan Sukabumi

Keindahan Batu Karang Jawer di Pantai Pangumbahan Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil)

SUKABUMIUPDATE.com - Saat air laut surut, gundukan bebatuan karang besar yang menghiasi keindahan bibir pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi menjadi buruan para wisatawan untuk bermain di sekitar batu tersebut. Warga setempat menyebut batu karang berbentuk unik itu Karang Jawer.

Disekeliling Karang Jawer, ada spot berenang atau 'kolam' alami dengan kedalaman 1 meter lebih. Sedangkan ukuran batu karang tersebut memiliki panjang 50 meter dan lebar bervariatif antara 1 meter hingga 10 meter.

"Dari cerita apih (kakek), karang tersebut memang sudah diberi nama Karang Jawer, mungkin karena mirip jawer atau jengger ayam," ucap Jujun (51 tahun) warga sekitar, kepada Sukabumiupdate.com, Minggu (2/7/2023).

Baca Juga: Pesona Karang Kodok, Bebatuan Unik Selain Karang Kontol di Geopark Ciletuh Sukabumi

Menurut Jujun, sebelum pantai Pangumbahan ramai dikunjungi orang, konon dulunya tempat wisata tersebut merapakan kawasan hutan belantara. Letak karang jawer tersebut, kata dia, masuk di wilayah Leuweng Datar. Di hutan tersebut banyak ayam hutan dan sering bertengger di batu karang itu.

"Mungkin sesepuh dulu menamakan batu karang itu, karena banyaknya ayam hutan, yang bermain di bebatuan karang. Bahkan dulu ada cerita warga yang mencari ikan (ngobor) mendengar suara kokok ayam tengah malam, terdengar dari arah batu karang itu. Ya, itu hanya cerita saja, akan tetapi memang sebutan batu karang itu, seperti itulah," jelasnya.

"Lokasi ini cukup aman untuk bermain, karena memang sangat jauh dengan deburan ombak, apalagi saat surut," tandasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT