Sukabumi Update

Karnaval Hingga Tabur Bunga, Melihat Puncak Syukuran Nelayan Cisolok Sukabumi

Putri nelayan Cisolok dalam karnaval syukuran Nelayan Cisolok, Rabu (5/7/2023). Karnaval hingga tabur bunga ke pantai oleh putri nelayan Cisolok menarik antusias masyarakat Sukabumi. (Sumber : Ilyas Supendi).

SUKABUMIUPDATE.com - Syukuran dan pesta Nelayan Cisolok ke-26 tahun 2023 telah sampai ke puncak acara, Rabu (5/7/2023). Karnaval hingga tabur bunga ke pantai oleh putri nelayan Cisolok menarik antusias masyarakat Sukabumi untuk menyaksikan acara tersebut.

Pantauan sukabumiupdate.com, karnaval dimulai sejak dari pagi sekitar pukul 08.00 WIB dari kantor Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi sampai ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pajagan.

Dalam karnaval tersebut, para nelayan banyak menampilkan kreasi dari mulai miniatur perahu, jenis-jenis ikan, dongdang yang berisikan sesaji beraneka ragam kue dan hasil pertanian.

Tiba di TPI Pajagan, putri nelayan Cisolok Siska Yunia Afriani melakukan tabur bunga. Sebelum puncak acara, berbagai kegiatan diselenggarakan syukuran Hari Nelayan Cisolok ke-26 tahun 2023. 

Baca Juga: Gegara Salah Pintu Masuk, Minibus Timpa Mobil di Tempat Wisata Sukabumi

Kepala Desa Cikahuripan, Heri Suryana mengungkapkan, pihaknya sangat bersukur atas kelancarannya acara. Menurut dia, syukuran ini terselenggara berkat kerjasama masyarakat dengan para nelayan, tokoh dan instansi terkait di bidang nelayan dan pemerintahan.

"Alhamdulillah pelaksanaan berjalan dengan lancar, tujuan kami karena ini agenda setiap tahun, karena ini syukuran nelayan untuk meningkatkan keyakinan masyarakat kepada Allah SWT, atas semua limpahan rizki," ungkap pria yang akrab disapa Jaro Midun.

Baca Juga: 28 Rekomendasi Nama Anak Bahasa Sunda, Ada Arti Ningrat Siliwangi!

Acara syukuran nelayan ke-26 ini tidak hanya rasa syukur nelayan saja. Namun Menurut Midun, adanya acara ini agar membuat daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Cisolok.

"Yang kedua menarik wisatawan, Cisolok merupakan salah satu kawasan Geopark, wilayah wisata, karena disini terdapat kebudayaan-kebudayaan dan juga lokasi lokasi wisata yang layak dikunjungi wisatawan," ujarnya.

"Mudah-mudahan dengan syukuran nelayan ini bisa memberikan berkah bagi para nelayan, dan meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT," ujarnya.

Masyarakat mengapresiasi terlaksananya acara Syukuran Nelayan Cisolok ini. Menurut mereka, acara tahun ini lebih meraih dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

Ketua panitia syukuran Nelayan Cisolok ke-26 Dede Saepul Bahri menyatakan acara dalam event tersebut dimulai 5 Juli hingga 10 Juli. Namun sebelum tanggal itu, sudah ada kegiatan yang mulai yaitu turnamen futsal. 

Menurut dia, waktu persiapan syukuran nelayan hanya satu bulan karena ketua yang pertama meninggal dunia. Setelah itu Dede yang merupakan ketua Karang Taruna Desa Cikahuripan ditunjuk oleh tokoh nelayan dan kepala desa menjadi ketua panitia.

Di tengah waktu persiapan yang begitu singkat, berkat kerja keras jajaran panitia dan kekompakan nelayan acara dapat terselenggara. "Biasanya untuk syukuran nelayan itu waktu persiapannya itu 3 hingga 4 bulan," ujarnya.

Dede pun menyampaikan terimakasih kepada pemerintah dan perusahaan yang sudah mensupport syukuran nelayan Cisolok.

 

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT