Sukabumi Update

Sukabumi Ranking 3, Inilah Daftar 5 Kota Paling Dingin di Jawa Barat

Ilustrasi. Sukabumi Ranking 3, Inilah Daftar 5 Kota Paling Dingin di Jawa Barat | Foto: SU/Dede

SUKABUMIUPDATE.com - Provinsi Jawa Barat terdiri dari 9 Kota dan 18 Kabupaten dengan Bandung sebagai ibukotanya. Wilayat tatar pasundan ini banyak menyuguhkan destinasi keindahan alam, mulai dari pantai hingga gunung.

Tak heran, beberapa wilayah di Jawa Barat terkenal dengan suasananya yang sejuk dan dingin. Seperti Data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat yang dirilis pada bulan Februari lalu dengan katalog nomor 1102001.32 membahas tentang "Provinsi Jawa Barat dalam Angka 2023".

Salah satu data yang dimuat yakni sebaran Tinggi Wilayah dan Jarak ke Ibukota Provinsi Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan analisis redaksi sukabumiupdate.com, dari 9 kota, 5 diantaranya termasuk wilayah Paling Dingin dengan tinggi wilayah (mdpl) paling besar di Jawa Barat. Apakah Kota Sukabumi termasuk? Simak analisisnya berikut ini!

Baca Juga: Rekomendasi Warna Pakaian Saat Cuaca Panas, Bukan Baju Hitam!

Berikut daftar lengkap 10 Kabupaten Paling Dingin di Jawa Barat berdasarkan ketinggian wilayah (mdpl) sebagaimana merujuk pada Data BPS Provinsi Jawa Barat dalam Angka 2023.

Daftar Kota Paling Dingin di Jawa Barat

1. Kota Cimahi

Urutan pertama Daftar Top 5 Kota Paling Dingin atau dengan Ketinggian Wilayah (mdpl) paling besar di Jawa Barat disandang oleh Kota Cimahi.

Menurut Data BPS 2022, tinggi wilayah di Kota Cimahi mencapai 794,36 mdpl. Angka ini melampaui 8 kota lain di Jawa Barat, sehingga Cimahi menjadi Kota Paling Dingin berdasarkan tinggi wilayahnya.

2. Kota Bandung

Urutan kedua Daftar Top 5 Kota Paling Dingin atau dengan Ketinggian Wilayah (mdpl) paling besar di Jawa Barat diraih oleh Kota Bandung.

Catatan BPS menunjukkan tinggi wilayah di Kota Bandung berada di angka 716,63 mdpl per tahun 2022.

3. Kota Sukabumi

Posisi Ketiga, Daftar Top 5 Kota Dingin atau dengan Ketinggian Wilayah (mdpl) paling besar di Jawa Barat yaitu Kota Sukabumi.

Data BPS menyebut tinggi wilayah di Kota Sukabumi di "Data BPS Provinsi Jawa Barat dalam Angka 2023", yakni setinggi 622,65 mdpl.

4. Kota Tasikmalaya

Posisi ke empat, Daftar Top 5 Kota Paling Dingin atau dengan Ketinggian Wilayah (mdpl) paling besar di Jawa Barat adalah Kota Tasikmalaya.

Baca Juga: Sukabumi Anti Jomblo, Daftar Top 5 Daerah Paling Bucin di Jawa Barat

Menurut BPS, tinggi wilayah di Kota Tasikmalaya ini mencapai 382,95 mdpl pada tahun 2022.

5. Kota Bogor

Daftar kelima dari Top 5 Kota Paling Dingin atau dengan Ketinggian Wilayah (mdpl) paling besar di Jawa Barat adalah Kota Bogor.

Menurut Data BPS Provinsi Jawa Barat dalam Angka 2023, Kota Bogor tercatat ada di ketinggian 255,73 mdpl.

Sementara itu, mengacu pada analisis sebelumnya, Kabupaten Sukabumi tidak termasuk Daftar Top 10 Kabupaten Paling Dingin atau dengan Ketinggian Wilayah (mdpl) paling besar di Jawa Barat. Justru, wilayah Kabupaten Sukabumi berada di urutan ke-3 sebagai Daerah Paling Panas di Jawa Barat dengan ketinggian wilayah sebesar 15,55 mdpl.

Sumber : BPS

Editor : Nida Salma

Tags :
BERITA TERKAIT