Sukabumi Update

Siomay Jadi Makanan Kaki Lima Paling Enak di Dunia Versi Taste Atlas

Siomay dan Batagor menjadi makanan Indonesia yang masuk dalam daftar 50 makanan ringan atau street food terbaik di dunia versi Taste Atlas | Foto: iStock

SUKABUMIUPDATE.com - Makanan Indonesia kembali masuk dalam daftar makanan paling enak di Dunia versi Taste Atlas, sebuah website panduan perjalanan dan makanan tradisional.

Situs tersebut belakangan merilis 50 makanan ringan atau street food terbaik di dunia dan dalam daftar tersebut ada dua makanan Indonesia yang masuk. Kedua makanan itu yakni siomay di urutan pertama dan Batagor di urutan keenam.

Melansir dari Tempo.co, laporan tersebut dirilis pada Senin, 4 September 2023 lalu.

Taste Atlas sebagai ensiklopedia makanan dan minuman yang memiliki katalog sebanyak 10.000 hidangan dari berbagai penjuru dunia. Jejaring tersebut mengumpulkan 50.128 pemerhati makanan dan minuman yang menilai suatu hidangan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Makan Siomay Enak di Sukabumi, Rasanya Maknyus

Kuliner Siomay

Siomay adalah masakan khas Indonesia yang biasanya dihidangkan dengan pangsit ikan kukus, telur, kentang, kubis, tahu, dan pare. Setelah dikukus, siomay disajikan di piring dengan siraman bumbu kacang yang diberi kecap manis.

Siomay jajanan kaki lima yang mudah ditemui. Dikutip dari artikel Pengaruh Budaya Tionghoa terhadap Kuliner di Kota Medan, siomai merupakan makanan hasil akulturasi Indonesia dan Cina.

Dalam bahasa Mandarin, siomay dikenal dengan shaomai. Adapun dalam bahasa Kanton disebut siu maii. Siomay yang berbahan baku campuran tepung dan ikan kerap disamakan dengan dimsum. Padahal keduanya berbeda.

Baca Juga: Asal Usul Batagor Kuliner Khas Sunda, Tercipta Karena Keinginan Menghindari Mubazir

Dimsum tersaji dalam berbagai menu isian. Sedangkan siomay memiliki tekstur lebih kenyal. Dalam penyajiannya juga berbeda. Siomay menggunakan bumbu kacang dan kecap. Dimsum menggunakan saus berbahan bawang putih, kecap ikan, dan minyak wijen.

Sumber: Tempo.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT