Sukabumi Update

Menikmati Terasering hingga Curug di Desa Wisata Purwabakti Bogor

Desa Wisata Purwabakti Bogor bisa menjadi pilihan untuk meghabiskan waktu akhir pekan (Sumber : Istimewa via disparbud.jabarprov.go.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Untuk yang suka menghabiskan waktu di alam saat mengisi libur akhir pekan, sepertinya Desa Wisata Purwabakti di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat bisa menjadi salah satu pilihan tepat.

Desa yang disebut sebagai hidden gem di Kabupaten Bogor ini memiliki kekayaan alam yang sangat beragam sehingga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung dan menjelajah ke tiap sudut desa yang memiliki pemandangan indah ini.

Melansir dari laman disparbud.jabarprov.go.id, Desa Purwabakti berada di ketinggian 520-1350 MDPL. Destinasi wisata ini dianugerahi bentang alam pegunungan, sungai, dan pesawahan yang sangat eksotik.

Baca Juga: Wisata Situ Sangkuriang, Hidden Gem di Timur Bandung yang Masih Asri

Setiap tempat di desa Purwabakti memiliki keunggulan tersendiri yang bisa membuat para wisatawan betah berlama-lama di sini.

Beberapa destinasi alam yang dapat dikunjungi antara lain Terasering Cisalada, Curug Geleweran, Curug Cikawah, Curug Cicadas, Curug Seuseupan, Curug Cibengang, Pemandian Cipanas, Bukit Purbaya, Riung Kawung, serta perkebunan teh. Selain itu ada destinasi wisata buatan yang tidak kalah menarik yaitu Saung Purbaya, MinaPadi, Ngopepang, Family Fish, dan Puncak Pas Cigarehong.

Masyarakat Desa Wisata Purwabakti juga siap menunjukkan pentas budaya yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Pada 28 Juli 2023 lalu, masyarakat di sana menggelar kegiatan Seren Taun Kampung Budaya Cisalada yang bertujuan untuk meningkatkan rasa syukur pada leluhur serta Nabi Muhammad SAW dan juga kepada Allah SWT.

Baca Juga: Wajah Baru Situ Bagendit Garut, Suguhkan Pesona Wisata Alam yang Sarat Legenda

Kegiatan tersebut dilakukan selama dua hari dua malam yang disambut antusias oleh warga desa maupun para pendatang.

Selain Upacara Seren Taun, ada kegiatan kebudayaan lainnya seperti Sedekah Bumi, Muharaman, dan Panen Raya. Seluruh potensi wisata tersebut dikelola dengan baik melalui Badan Usaha Milik Desa unit Pariwisata Desa Wisata Purwabakti.

BUMD ini mengembangkan wisata tematik dengan menerapkan edukasi terkait keanekaragaman budaya (Cultural Diversity), keanekaragaman hayati (Biodiversity), hingga keanekaragaman alami (Natural Diversity).

Bahkan di tahun ini, Desa Purwabakti mendapat pengakuan serta apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI).

Baca Juga: Wisata Petik Strawberry di Puncak Cianjur, Berlibur Sambil Panen Buah Segar

Hal tersebut ditandai dengan ditetapkannya Desa Wisata Purwabakti sebagai salah satu dari 75 desa wisata terbaik di Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Untuk penginapan, wisatawan bisa memilih sejumlah homestay yang disediakan oleh masyarakat desa. Homestay-homestay tersebut dibangun dengan konsep bernuansa alam sehingga menambah kenyamanan bagi siapapun yang berkunjung.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT