Sukabumi Update

Pantai Loji, Wisata Pantai di Sukabumi: Ini Daya Tarik dan Rute Menuju Lokasi

Pantai Loji yang bisa menjadi salah satu alternatif wisata pantai di Sukabumi (Sumber : YouTube/@Miss Nunik Channel)

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai Loji Sukabumi akhir-akhir ini kembali ramai diperbincangkan setelah viralnya video yang diunggah Pandawara Group soal sampah di hamparan pesisir Loji, Kampung Cibutun, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi tersebut.

Pandawara Group juga mengajak melakukan Clean Up pantai di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu itu yang direncanakan akan dilaksanakan pada 6-7 Oktober 2023 mendatang.

Terlepas dari viralnya video Pandawara Group tersebut, Pantai Loji telah menjadi salah satu wisata pantai yang ada di Sukabumi.

Baca Juga: Kades Ngaku Tak Setuju Ajakan Bersihkan Pantai Loji Sukabumi Disebar di Medsos

Banyak wisatawan baik dari Sukabumi maupun luar Sukabumi yang berkunjung ke pantai itu. Salah satu yang menjadi alasan yaitu pantai yang dilintasi jalur sabuk Geopark Ciletuh ini tidak terlalu ramai oleh wisatawan sehingga cocok untuk yang ingin menikmati suasana tenang di pantai.

Selain itu, pantai satu ini juga memiliki kondisi yang sedikit berbeda dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di sekitar Palabuhanratu.

Pantai Loji didominasi oleh batuan dan sedikit pasir, sehingga tak jarang banyak wisatawan yang terpukau melihat formasi batuan karang di pantai ini.

Daya tarik lain dari Pantai Loji adalah lokasinya yang berdekatan dengan bangunan PLTU. Cerobong asap besar menjadikan pemandangan ikonik dari pantai Loji.

Tak hanya itu, di dekat pantai ini juga terdapat tempat ibadah umat Budha (Vihara) yang dikenal dengan nama Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu.

Bangunan ini juga menjadi salah satu ciri khas yang ada di pantai tersebut. Dan untuk yang suka dengan pemandangan matahari terbenam (sunset) pantai ini menjadi salah satu spot terbaik menyaksikan matahari terbenanm di Sukabumi.

Baca Juga: Keindahan Pantai Cemara Cipanglay, Wisata Pesisir Nan Sejuk di Cianjur Selatan

Rute Menuju Pantai Loji

Untuk menuju Pantai Loji, wisatawan bisa melewati jalan raya Sukabumi-Palabuhanratu. Setibanya di daerah Bagbagan (persimpangan antara kota Palabuhanratu dan pantai Loji), arahkan kendaraan ke kiri jalan Simpenan yang menuju ke Surade.

Wisatawan nantinya akan melewati jembatan menyebrangi sungai Cimandiri. Di samping jembatan terdapat jembatan gantung berwarna kuning yang khas bekas peninggalan zaman Belanda.

Kira-kira 5-10 menit perjalanan dari jembatan tersebut, belok kanan menuju kampung Cibutun (jalan Loji). Dari sana tinggal meneruskan perjalanan menuju pantai.

Itulah sedikit ulasan mengenai Pantai Loji yang bisa menjadi salah satu alternatif wisata pantai di Sukabumi.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT