Sukabumi Update

Cocok Jadi Menu Keluarga, Resep Dodol Rumput Laut Buatan Warga Selatan Sukabumi

Dodol rumput laut buatan warga Pantai Minajaya, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Selama musim kemarau, warga selatan Kabupaten Sukabumi, terutama di Pantai Minajaya dan Pantai Ratu Cimandala, Kecamatan Surade, lalu Pantai Ujunggenteng dan Pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, rutin berburu rumput laut. Masyarakat di dua kecamatan ini terbiasa mengonsumsi makanan berbahan rumput laut, baik dijadikan olahan sayur (tumis) atau dikeringkan menjadi dodol agar-agar.

"Untuk membuat dodol atau agar-agar dari rumput laut, memerlukan waktu lumayan lama terutama rumput laut harus dijemur sampai kering betul, tidak tercium bau amis, dan rasa asinnya hilang," kata Santi (30 tahun), warga di sekitar Pantai Minajaya, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, kepada sukabumiupdate.com, Jumat (10/11/2023).

Sampai rumput lautnya benar-benar kering, lanjut Santi, biasanya membutuhkan waktu penjemuran sekitar dua hingga tiga pekan, tergantung cuaca. "Kandungan air dan rasa asin pada rumput laut bisa memengaruhi juga untuk dijadikan bahan dodol, makanya harus betul-betul kering agar hasilnya bagus. Kalau sudah kering rumput lautnya, itu bisa disimpan, dan kalau mau bikin dodol tinggal mengolahnya," terangnya.

Baca Juga: Nikmati Kenyalnya Tumis Rumput Laut Lelemeran Ala Warga Surade Sukabumi

Dodol atau agar-agar rumput laut merupakan olahan favorit keluarga, kata Santi, apalagi dipadukan dengan gula aren, air santan, dan daun pandan wangi. "Tapi semuanya tergantung selera, mau pakai gula aren, gula kelapa, atau gula pasir, dan campuran lainnya," ujar dia.

Santi mengatakan untuk dijadikan dodol agar-agar, rumput laut yang sudah dikeringkan kemudian direndam air bersih selama sehari semalam sampai tekstur rumput laut menjadi agak lunak. Setelah itu direbus sampai pudar sekitar dua jam. Lalu taburi gula secukupnya, air santan, vanili atau daun pandan.

"Setelah itu tuangkan adonan yang sudah matang ke dalam nampan atau loyang. Dinginkan selama satu jam. Adapun untuk bahannya sebagai perbandingan, yakni rumput laut 500 gram, gula merah 300 gram, gula pasir 100 gram, vanili dan daun pandan secukupnya," kata Santi.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT