Sukabumi Update

Kembali Berair, Objek Wisata Curug di CPUGGp Sukabumi Siap Sambut Wisatawan

Kondisi Curug Sodong dan Curug Cimarinjung di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi yang kembali berair setelah sempat alami kekeringan dampak kemarau panjang. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah destinasi wisata tirta berupa air terjun atau curug di kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) Kabupaten Sukabumi sudah kembali berair setelah sempat mengering akibat terkena dampak kemarau panjang.

Sejumlah lokasi wisata air terjun yang kembali berair tersebut yakni Curug Sodong di Desa Ciwaru dan Curug Cimarinjung di Desa Ciemas Kecamatan Ciemas, serta Curug Cikaso di Desa Cibitung, Kecamatan Cibung.

Guide Tour Geopark Ciletuh, Ngko mengatakan, kondisi ini mendapatkan respon positif dari wisatawan. Mereka sudah mulai siap-siap untuk liburan.

"Mulai pada siap mau pada liburan, karena yang ditunggu tunggu sama para wisatawan. Air terjunnya mulai ada airnya," kata Ngko kepada sukabumiupdate.com, Rabu (15/11/2023).

Baca Juga: Pesona Curug Nangsi Waluran Sukabumi, Tak Pernah Kering Meski Kemarau Panjang

Sementara itu, penanggung jawab atau koordinator objek wisata Curug Sodong Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Ajid Jaelani mengatakan air Curug Sodong sudah kembali normal setelah sebelumnya mengalami penurunan debit.

"Air mengalami penurunan mulai pada bulan Agustus. Dan setelah beberapa hari turun hujan, air sudah kembali normal. Mudah mudahan pengunjung dari luar daerah, kembali berkunjung," terangnya.

Hal serupa diungkapkan pengelola Curug Cikaso Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Gozal, bahwa air Curug Cikaso sudah normal kembali.

"Curug Cikaso sempat mengalami kekeringan hingga 2 bulan. Alhamdulilah, karena hujan sudah mulai turun, kondisi sudah normal," imbuhnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT