Sukabumi Update

Kerang Jamangan Geopark Ciletuh Sukabumi Dipercaya Menambah Kejantanan Pria

Kerang Jamangan Geopark Ciletuh Sukabumi dipercaya menambah kejantanan pria | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu jenis kerang laut yang menjadi buruan penikmat kuliner adalah jenis kerang yang disebut Jamangan atau Abalon. Hewan laut yang satu ini memiliki cangkang keras hanya pada bagian punggungnya atau sebelah, berbentuk pipih atau gepeng.

Selain sering dijadikan sebagai lauk atau santapan yang lezat, cangkangnya juga banyak dijadikan sebagai ornament hiasan dan pernak-pernik lainnya. Kerang laut ini bisa diperoleh di laut Palangpang dan laut Cikadal, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

"Kerang laut Jamangan atau Abolan banyak di laut Palangpang atau laut Cikadal. Untuk memperolehnya warga harus menyelam, karena kerang itu nempel di batu karang," kata Rasi Tulastri D' Consera (32 tahun) warga Kampung Ciloa RT 05/05 Desa Ciwaru Kecamatan Ciemas kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (25/11/2023).

Baca Juga: Tanggapi Bursa Calon Bupati Sukabumi, Marwan Sebut Asjap Sudah Direkom Golkar

Kerang Jamangan banyak penggemarnya, sambung Rasi, selain lezat, juga dipercaya bisa menambah kejantanan pria. "Untuk proses masaknya, tergantung selera, mau pakai bumbu, atau hanya direbus saja hingga matang sekitar 10 menit, lalu dimakan coel saus," ujarnya.

Rasi mengatakan, sebelum dimasak atau di rebus, terlebih dahulu di cuci, siapkan air mendidih lalu masukan kerang. Untuk harga mentahnya per kilogram Rp25 ribu.

"Bagi anda yang kebetulan sedang berkunjung ke Geopark Ciletuh Desa Ciwaru, bisa pesan atau langsung ketempat tinggal di Kampung Ciloa Desa Ciwaru," imbuhnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT