Sukabumi Update

Empuk dan Gurih, Lezatnya Ikan Bakar Pisang Pisang dari Laut Ujunggenteng Sukabumi

Ikan pisang pisang saat dibakar warga Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi yang berkunjung ke Pantai Ujunggenteng atau Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, selain menikmati keindahan laut, bisa juga mencoba ikan bakar. Salah satu menunya adalah ikan pisang pisang hasil tangkapan nelayan.

Memiliki daging yang empuk, ikan dari laut Ujunggenteng ini akan lebih nikmat apabila dimasak dengan cara dibakar. "Ini salah satu ikan favorit kalau dimasak dengan dibakar," kata Wa Balu (50 tahun), warga Kecamatan Ciracap kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (2/12/2023).

.

Baca Juga: Resep Ayam Pop Simpel, Inspirasi Menu Bekal Anak Sekolah

Pengolahan dengan dibakar cukup mudah. Sebelumnya, ikan dibersihkan, lalu dibelah dari ujung kepala hingga ekor, namun tak sampai putus. Kemudian simpan ke alat pemanggang. "Setelah beberapa menit dibakar, lumuri minyak goreng yang sudah dicampur bumbu penyedap," ujarnya.

"Setelah terlihat daging luarnya menguning, kecilkan api pembakaran, hingga matang luar dalam. Baru siapkan sambal kecap, sambal cobek. Menu ini kalau dijual bisa Rp 60 ribu sampai Rp 70 ribu per kilogram. Rasanya lezat dan gurih," kata Balu.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT