Sukabumi Update

Mirip di Film Jurassic Park, Hidden Gem di Garut ini Sangat Eksotis

Leuwi Tonjong menjadi salah satu hidden gem di Garut Selatan yang menawarkan panorama menakjubkan (Sumber : Instagram)

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Garut seolah tak ada habisnya menyajikan tempat indah untuk dikunjungi saat mengisi waktu libur, salah satunya adalah Leuwi Tonjong.

Destinasi wisata satu ini punya pemandangan alam berupa danau yang dikelilingi oleh tebing batu menjulang tinggi. Tebing batu ini sekilas mirip landscape di film Jurassic Park.

Leuwi Tonjong Garut ini masuk ke dalam bagian dari kawasan wisata Cipanas Cangkuang yang berada di Kabupaten Garut.

Dikutip dari Suara.com, Nama "Leuwi Tonjong" sendiri mengandung berasal dari dua kata yaitu Leuwi yang berarti "Danau" atau "Sungai" dalam bahasa Sunda, sedangkan "Tonjong" mengacu pada dua tebing yang menghimpit danau tersebut.

Baca Juga: Kampung Rimba Tempat Camping Bogor yang Bisa Berenang Tengah Hutan Pinus

Namun, ada juga yang menyebutkan jika Leuwi Tonjong berasal dari Bahasa Sunda yang berarti kolam gajah lantaran memiliki bentuk yang mirip dengan telapak kaki gajah. Cekungan kolam tersebut memiliki kedalaman sekitar 2-3 meter dan airnya sangat jernih.

Hal inilah yang memberikan nuansa seperti di film Jurassic Park, dengan tebing-tebing tinggi yang mendominasi pemandangan dengan warna hijau dan hitam.

Alamat Leuwi Tonjong Garut

Destinasi wisata Leuwi Tonjong berlokasi di Kampung Rontong, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Baca Juga: Air Jernih di Antara Tebing Batu Eksotis, Curug di Banten Ini Mirip Green Canyon

Pengunjung yang ingin mengunjungi Leuwi Tonjong dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Harga Tiket Leuwi Tonjong Garut

Harga tiket masuk yang sangat terjangkau, hanya Rp 10.000 rupiah, membuat destinasi ini dapat dinikmati oleh banyak kalangan. kemudian biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5.000. Di sini kita juga bisa menyewa kamera air dengan harga Rp 10.000.

Baca Juga: Camping di Tepi Pantai, Puncak Guha Garut View Sunsetnya Sangat Aesthetic

Tips Berkunjung ke Leuwi Tonjong Garut

Untuk mencapai lokasi Leuwi Tonjong, para pengunjung harus menyiapkan stamina yang ekstra. Jarak antara tempat parkir ke lokasi membutuhkan waktu 15-20 menit berjalan kaki.

Meskipun melelahkan, perjalanan ini akan terbayar dengan panorama indah yang terbuka di depan mata saat tiba di lokasi.

Di Leuwi Tonjong, pengunjung dapat menikmati keindahan alamnya, berenang, dan bermain air. Musim kemarau menjadi waktu yang ideal untuk berkunjung karena air di sungai masih jernih dan dangkal.

Baca Juga: Bikin Betah! Berendam Air Panas di Kaki Gunung Api yang Masih Aktif di Garut

Pengunjung disarankan untuk berhati-hati saat melangkah karena beragam bebatuan seperti batu kerikil tajam dan bebatuan berlumut licin dapat menyambut kaki telanjang.

Pengelola Leuwi Tonjong yang berasal dari warga sekitar juga menyediakan rakit atau getek sebagai transportasi bagi para wisatawan yang ingin menyusuri sungai. Pengalaman menyusuri tebing dan mendekati air terjun Korea semakin memperkaya kunjungan di tempat ini.

Meskipun Leuwi Tonjong menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan, masih terdapat beberapa keterbatasan dalam fasilitas dan akses jalan.

Area parkir terbatas dan minimnya petunjuk jalan menjadi hal yang perlu diperhatikan. Meski demikian, sudah terdapat fasilitas umum seperti toilet, warung, dan mushola sederhana di lokasi.

Baca Juga: Menikmati Danau dengan Latar Gunung Cikuray, Harus ke Sini Pas Liburan di Garut

Meski mungkin masih perlu beberapa perbaikan dalam aksesibilitas, Leuwi Tonjong tetap menjadi destinasi wisata yang menarik dengan pemandangan indah yang tak terlupakan.

Untuk kalian yang menyukai ketenangan alam, panorama menakjubkan, dan petualangan menyusuri tebing, Leuwi Tonjong adalah pilihan yang sempurna.

Sumber: Suara.com

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT