Sukabumi Update

Daya Tarik Karang Para, Wisata Sukabumi yang Kini Sepi Pengunjung

Bukit Karang Para sempat menjadi salah satu destinasi wisata hits di Sukabumi (Sumber : Instagram/nina_wati_nsz | Ist)

SUKABUMIUPDATE.com - Bukit Karang Para atau destinasi wisata alam Karang Para sempat menjadi salah satu tujuan berlibur yang hits di Sukabumi.

Pengunjung bisa menikmati panorama alam Kota Sukabumi dari atas ketinggian di tempat ini, apalagi tempat ini juga menyuguhkan udara segar dan semilir angin yang menjadikannya cocok dijadikan tempat melepas penat.

Selain indah, harga tiket yang terjangkau semakin menjadikan Karang Para destinasi wisata favorit pada masanya.

Baca Juga: 4 Daya Tarik Pantai Cibuaya Sukabumi, Spot Mancing dan Bakar Ikan

Alamat Bukit Karang Para

Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Kebonmanggu, Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Karang Para juga tidak terlalu jauh dari pusat Kota Sukabumi. Jarak kurang lebih sekitar 13 kilometer yang bisa ditempuh sekitar 30 menit dengan kendaraan.

Daya Tarik Bukit Karang Para

Destinasi wisata ini memiliki beberapa daya tarik yang bisa memikat wisatawan untuk datang seperti;

Baca Juga: Pernah Populer, 3 Tempat Wisata di Sukabumi Ini Kini Sepi Pengunjung: Kenapa?

1. Panorama Alam Indah

Bukit Karang Para menyuguhkan panorama alam indah berupa pemandangan Kota Sukabumi dari atas ketinggian di sebelah timur dan selatan. Kemudian di sebelah utara, bukit ini menyuguhkan pemandangan deretan perbukitan di sebelahnya dengan rimbunnya pepohonan yang masih asri.

Dan saat musim hujan, Karang Para tak jarang diselimuti kabut tipis yang membuat suasana semakin tambah syahdu lengkap dengan udara sejuk yang menyegarkan.

2. Camping

Bukit ini memiliki area yang luas dan cocok dijadikan lokasi camping saat akhir pekan. Saat malam, kita akan disuguhkan pemandangan kerlap-kerlip lampu kota yang cantik. Belum lagi saat pagi dan sore, pemandangan sunrise dan sunset di Karang Para juga bisa membuat siapa saja takjub.

Baca Juga: Tidak Jauh dari Sukabumi, Pantai di Banten Ini Masih Sepi dan Indah

3. Spot Foto

Destinasi wisata ini memiliki banyak sekali spot foto yang instagramable. Pengunjung bisa berfoto dengan latar daerah Kota Sukabumi, perbukitan, atau batuan karst yang terlihat unik .

Namun, saat ini destinasi wisata ini sepi pengunjung. Pengelola objek wisata Karang Para, Tahlan S Abdul Toyib mengatakan objek wisata Karang Para mulai dibuka untuk umum pada tahun 2017 lalu. Dibuka atas dasar inisiatif warga setempat yang prihatin karena sebelumnya bukit tersebut akan dijadikan kawasan pertambangan.

"Karang Para itu dibuka tepatnya 2017 September - Desember, dengan inisiatif peduli lingkungan aja karena area ini mau ditambang. Maka dengan inisiatif masyarakat melakukan hal ini," ujar Tahlan kepada sukabumiupdate.com pada Sabtu (3/5/2023).

Baca Juga: Punya Danau Cantik, Desa Wisata Cikalahang Cocok Jadi Tempat Melepas Stres

Pada puncak kejayaannya tahun 2017 lalu, wisata alam Karang Para sempat viral dan jumlah pengunjung yang datang saat itu mampu mencapai angka tertinggi 1000 hingga 3000 pengunjung per harinya.

Dengan personil yang tersisa hanya 5 orang pengelola saja, Tahlan optimis akan kembalikan kejayaan objek wisata tersebut. Saat ini pihaknya tengah berusaha untuk mengumpulkan dana dari berbagai sumber atau investor untuk membangun kembali objek wisata yang sempat jadi primadona tersebut.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT