Sukabumi Update

Salah Satu Candi Tertua di Jawa, Berwisata Sejarah di Candi Jiwa Karawang

Candi Jiwa merupakan salah satu destinasi wisata sejarah di daerah Karawang yang bisa dikunjungi saat libur akhir pekan (Sumber : Facebook)

SUKABUMIUPDATE.com - Candi Jiwa Karawang merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang harus dikunjungi di Jawa Barat. Bangunan ini disebut sebagai salah satu candi tertua di Pulau Jawa.

Candi Jiwa menurut para ahli dinilai didirikan sekitar abad ke-6-7 masehi atau ketika masa kerajaan Tarumanegara sampai Kerajaan Sunda.

Bangunan ini tidak seperti candi pada umumnya yang memiliki tinggi menjulang. Candi jiwa hanya berbentuk tumpukan batu setinggi 4,7 meter.

Baca Juga: 4 Tempat Wisata Dekat Stasiun Cianjur, Rekreasi Sambil Naik Kereta

Bangunan candi ini berbentuk persegi jika dilihat dari atas. Kemudian, yang menjadi tambah menariknya, bangunan bersejarah ini terletak di tengah-tengah persawahan yang luas.

Jadi selain menikmati keindahan arsitektur candi, pengunjung juga akan dimanjakan dengan panorama alam yang memanjakan mata.

Bentuk bangunan Candi Jiwa Karawang dilihat dari sampingBentuk bangunan Candi Jiwa Karawang dilihat dari samping

Candi jiwa sendiri berlokasi di diantara dua Desa dan Kecamatan, yakni Desa Segaran Kecamatan Batujaya dan Desa Telagajaya Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Jaraknya sekitar 44 km dari pusat Kota Karawang yang bisa ditempuh selama satu jam lebih perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Baca Juga: Wisata Danau di Kuningan Punya View Bak Lukisan Cocok Untuk Melepas Stres

Untuk harga tiket masuk destinasi wisata sejarah ini sendiri tidak ditentukan, atau pengunjung hanya diminta membayar seikhlasnya saja.

Itulah ulasan mengenai Candi Jiwa yang merupakan salah satu destinasi wisata sejarah di daerah Karawang.

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT