Sukabumi Update

Sejuk dan Gratis, Taman Tenjoresmi Jadi Tempat Pilihan Warga Palabuhanratu Ngabuburit

Ruang Terbuka Hijau Tenjoresmi Palabuhanratu Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Tak hanya Alun-alun, Taman Tenjoresmi juga menjadi salah satu lokasi favorit warga Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi untuk mengisi waktu menjelang berbuka puasa atau ngabuburit.

Terletak di jalan KH. Anwari, Kampung Gunung Sumping Desa Citepus Kecamatan Palabuhanratu, ruang terbuka hijau itu menjadi lokasi strategis bagi warga yang mencari ketenangan dan kebersamaan, terutama di bulan suci Ramadan 1445 H ini.

Dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rindang dan udara segar yang menyegarkan, Taman Tenjoresmi menjadi tempat ideal bagi keluarga, teman, dan individu untuk berkumpul, bersantai maupun beraktivitas sambil menunggu waktu berbuka puasa alias ngabuburit. Sebagai fasilitas umum yang disediakan pemerintah setempat, tentunya warga maupun wisatawan bisa menikmati Taman Tenjoresmi ini secara gratis.

"Iya saya kesini sengaja dateng. Bagi saya tempat ini taman tenjoresmi ini adalah tempat yang sangat cocok untuk melupakan kesibukan sejenak dan merasakan kedamaian serta kebersamaan yang menjadi ciri khas bulan Ramadan," ujar Bayu Adrian (26 tahun) warga sekitar di lokasi, Sabtu 23 Maret 2024 siang.

Baca Juga: Sambil Ngabuburit, 4 Rekomendasi Tempat Berburu Takjil di Kota Sukabumi

Selain menjadi tempat rekreasi, kata Bayu, Taman Tenjoresmi juga menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial di bulan Ramadan. Berbagai kegiatan seperti pesantren kilat untuk para pelajar, kegiatan amal, gotong royong, senam bagi ibu-ibu sekitar, hingga penjualan makanan berbuka puasa oleh pedagang kaki lima di seberang lokasi, turut meramaikan suasana.

"Sudah lama taman ini menjadi tempat bagi warga untuk saling berbagi kebaikan dan memperkuat tali silaturahmi, jadi pagi, siang dan sore lumayan selalu ada kegiatan, nyubuh, ngabeberang, dan ngabuburit. Di sore hari juga ada beberapa pedagang yang menjajakan makanan berbuka puasa," ungkapnya.

Menurutnya, Taman Tenjoresmi ini juga sering di sebut warga sekitar taman bunga. Kawasan ini memiliki suasana yang terbilang masih sangat asri, banyaknya tumbuh-tumbuhan maupun pohon besar yang hindang.

"Ia warga sini mh sering menyebut taman bunga sih. Pokonya kalau tempat ini mah cocok untuk nyantai sambil ngabuburit, sejuk banyak pohon engga panas. Kalau saya lihat sih disini fasilitasnya lengkap seperti ada lokasi bermain untuk anak-anak, fasilitas play ground lumayan komplit dan pastinya gratis," tandasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT