Sukabumi Update

Obyek Wisata Tertua di Kuningan Punya Koleksi Ikan Keramat dan Sumur Kejayaan

Objek wisata Cibulan menjadi salah satu destinasi wisata unik dan menjadi tempat wisata tertua yang ada di Kuningan (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Obyek wisata Cibulan menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di Kuningan, Jawa Barat.

Tempat ini cukup unik karena diklaim sebagai salah satu destinasi wisata tertua di Jawa Barat, khususnya di daerah Kuningan yang diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan saat itu, R.A.A. Mohamand Achmad.

Salah satu yang menjadi daya tarik dari destinasi wisata ini yaitu adanya ikan yang dikeramatkan yang disebut Ikan Dewa.

Baca Juga: Arjasari Rock Hill, Tempat Wisata yang Sedang Hits di Bandung dengan View Alam Memukau

Ikan ini menjadi ikon dari obyek wisata ini. Menariknya lagi, pengunjung bisa berenang bersama ikan-ikan berukuran besar ini.

Selain kolam dengan ikan dewanya yang jinak, wisata Cibulan juga memiliki banyak daya tarik lain bagi pengunjung seperti adanya pemandian dari tujuh sumber mata air yang dikeramatkan yang bernama Tujuh Sumur.

Objek wisata Cibulan menjadi salah satu destinasi wisata unik yang ada di Kuningan dengan ikan DewanyaObjek wisata Cibulan menjadi salah satu destinasi wisata unik yang ada di Kuningan dengan ikan Dewanya

Tujuh mata air ini berbentuk kolam-kolam kecil yang masing-masing mempunyai nama tersendiri yaitu Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan.

Di antara ketujuh sumur itu, konon ada salah satu sumur yang berisikan Kepiting Emas, yaitu Sumur Cirancana.

Baca Juga: Serasa Keliling Eropa! Wisata di Bogor Ini Punya Banyak Spot Foto Instagramable

Di dalam objek wisata Cibulan ini terdapat dua kolam besar yang berukuran 35x15 meter persegi dengan kedalaman sekitar dua meter, dan kolam satu lagi berukuran 45x15 meter persegi yang dibagi menjadi dua bagian, dimana bagian pertama berkedalaman 60 sentimeter dan bagian kedua berkedalaman 120 sentimeter.

Objek wisata Cibulan berlokasi di di Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Itulah ulasan mengenai Objek wisata Cibulan yang menjadi salah satu destinasi wisata unik yang ada di Kuningan.

 

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT