Sukabumi Update

Masuknya Gratis! Wisatawan Serbu Pantai Cikadal Sukabumi saat Libur Lebaran

Suasana di Pantai Cikadal, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai Cikadal di kawasan Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (CPUGGp) di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, menjadi alternatif bagi wisatawan untuk mengisi libur lebaran tahun ini.

Ada beberapa tempat menarik di Pantai Cikadal antara lain hutan mangrove, karang sawungan, dan panorama Gunung Badak, Pulau Mandra, Karang Haji. Seluruh tempat tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, ditambah masuk ke Pantai Cikadal gratis.

"Pengunjung mulai berdatangan pada H+1 lebaran," kata penggerak wisata Pantai Cikadal Jujun Junardi kepada sukabumiupdate.com, Jumat (12/4/2024).

Jujun mengatakan pada Kamis kemarin tercatat 175 motor dan 54 mobil dengan sekitar 1.000 pengunjung datang ke Pantai Cikadal. Sementara Jumat ini, sejak pagi, sudah masuk sekitar 80 sepeda motor, 10 mobil, dengan jumlah wisatawan kurang lebih 250 orang.

Baca Juga: Dispar Sukabumi Jawab Protes Warganet Soal Tarif Wisata Libur Lebaran di Pantai Cibuaya

"Untuk sementara masuk ke Pantai Cikadal gratis. Hanya ada infak untuk kebersihan, seikhlasnya," ujar dia.

Ketika akan berkunjung ke Pantai Cikadal, Anda bisa masuk dari arah Tamanjaya atau kantor Kecamatan Ciemas, sekitar 26 kilometer menuju Pantai Palangpang di Desa Ciwaru. Setelah melewati kantor Desa Mekarsakti, kondisi jalan cukup baik, menuju Desa Mandrajaya.

Dari kantor Desa Mandrajaya sekitar dua kilometer baru tiba ke lokasi hutan mangrove. Perjalanan menggunakan sepeda motor bisa memakan waktu sekitar satu jam, sedangkan mobil sekitar 30 menit. Ada juga jalan alternatif untuk sepeda motor dari Balai RK yakni melalui Jembatan Kisohir.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT