Sukabumi Update

Seren Taun Upacara Adat Sunda yang Lestari dari Ratusan Tahun.

SUKABUMIUPDATE.COM -Seren Taun adalah upacara adat panen padi masyarakat Sunda yang di lakukan tiap tahun. Sebagai syukuran masyarakat petani yang di meriahkan ribuan warga adat. Seperti dilakukan di kampung adat Ciptagelar Kabupaten Sukabumi.

Lebih lekat di mata masyarakat sunda, upacara seren taun merupakan acara penyerahan hasil bumi berupa padi (ngadiukeun) dengan diirinngi berbagai atraksi seni tradisonal.

Kampung Adat Ciptagelar yang berada di dalam Kawasan Konservasi Hutan Taman Nasional Halimun Salak, kali ini sedang melaksanakan upacara adat seren taun yang ke 648, yang berlangsung selama seminggu dan berakhir Minggu, (18/9) dengan berbgai acara atraksi budaya yang akan dipersembahkan oleh warga adat.

Dari pantauan sukabumiupdate.com hingga saat ini pengunjung yang akan menghadiri upacara sakral esok hari yang akan di mulai pukul 09.00 WIB ini hampir ribuan orang dari berbagai kota. 

Sementara itu, upacara yang akan di pimpin langsung oleh Abah Ugi sebagai ketua adat, akan dihadiri juga oleh Bapak Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI