Sukabumi Update

Ini Jalur Resmi Pendakian ke Gunung Gede Pangrango

SUKABUMIUPDATE.COM - Ada tiga jalur resmi untuk mendaki ke Gunung Gede Pangrango yang berada  di wilayah tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Ketiga jalur resmi itu adalah via Cibodas dan Gunung Putri, Cianjur serta Jalur Salabintana yang berada di Sukabumi.

Sebelum mendaki gunung yang memiliki dengan ketinggian 1.000-3.000 meter atas permukaan laut (m.dpl), para pendaki harus mengurus Simaksi (surat ijin masuk area konservasi) di Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) yang berada di Cibodas cianjur.

Setiap harinya kurang lebih 300 orang yang menaiki Gunung Gede Pangrango. Ketiga jalur resmi ini memiliki kapasitas maksimal setiap pendakian yakni jalur Cibodas sebanyak 300 orang, jalur Gunung Putri sebanyak 200 orang, dan via Salabintan 100 orang.

“Para pendaki yang akan menaiki Gunung Gede Pangrango harus lebih mempersiapkan dirinya karena cuaca saat ini kurang baik,” ingat petugas Balai TNGP Joko Santoso (40) kepada sukabumiupdate.com, Jumat (23/12).

Catatan tambahan dilansir dari Wikipedia, Gunung Gede merupakan sebuah gunung yang berada di Pulau Jawa, Indonesia. Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango, yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980.

Gunung ini berada pada lintang 106°51-107°02 Bujur Timur dan 64°1-65°1 Lintang Selatan. Suhu rata-rata di puncak gunung Gede 18 °C dan pada malam hari suhu puncak berkisar 5 °C, dengan curah hujan rata-rata 3.600 mm/tahun. Gerbang utama menuju gunung ini adalah dari Cibodas dan Cipanas.

Gunung Gede diselimuti oleh hutan pegunungan, yang mencakup zona-zona submontana, montana, hingga ke subalpin di sekitar puncaknya. Hutan pegunungan di kawasan ini merupakan salah satu yang paling kaya jenis flora di Indonesia, bahkan di kawasan Malesia.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI