Sukabumi Update

Kawal Geopark Ciletuh, Bupati Sukabumi Hadiri Undangan UGG

SUKABUMIUPDATE.com - Usaha Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi untuk merealisasikan Geopark Ciletuh diakui dunia internasional, terus digeber.

Seperti dalam siaran pers yang diterima sukabumiupdate.com, selain menandatangani MoU dengan sejumlah pihak, dalam memenuhi persyaratan Unesco,sebagai Geopark Internasional, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami pun hadiri undangan Unesco Global Geopark (UGG) dalam acara The 5th Asia Pacific Geopark Network Symposium yang dimulai dari tanggal 19 hingga 22 September 2017.

BACA JUGA: SD Negeri Tegalcaringin Ciwaru Kabupaten Sukabumi Masuk Penilaian Tim Assessor UGG

Tema yang diusung Unesco pada The 5th Asia Pacific Geopark Network Symposium “UGG Contribute To The Suitainable Development Of Local Economy” dalam acara yang dibuka langsung Presiden UGG, Profesor Guy Martini, pada Selasa (19/9/2017).

Kegiatan ini merupakan konferensi dan pameran perkembangan seluruh Geopark dunia, termasuk Geopark Nasional Ciletuh Palabuhanratu (GNCP) yang dilaksanakan di Zhijindong Cave Global Geopark, Provinsi Guizhou, Tiongkok.

BACA JUGA: Jelang Penilaian UGG, Ciemas Kabupaten Sukabumi Berbenah

Pameran eksibisi tersebut diikuti sekitar 750 peserta, dari 50 negara, dengan membahas lima topik, yaitu empowering local socio-economic sustainable development, communicating geopark geosite and geotourism, popularizing scientific knowledge for public education, promoting aspiring global geoparks, and networking karst landscape global geoparks.

“Ini adalah upaya untuk meyakinkan Unesco, bahwa kita layak diterima jadi anggota UGG, dengan menyampaikan komitmen kebijakan pimpinan, baik provinsi, maupun kabupaten, untuk mensuport program Geopark,” tulis Marwan, dalam pesan aplikasi salah satu media sosial (Medsos), Kamis (21/9/2017).

Semoga saja, harap Marwan, dengan memenuhi undangan dari Unesco dan mengikuti kegiatan tersebut, GNCP semakin dikenal dan segera mendapatkan pengakuan dari Unesco. “Kita pun sudah memberikan pemaparan dan menyampaikan makalah,” terangnya.

BACA JUGA: Jelang Penilaian UGG, Muspika Ciracap Kabupaten Gelar Rapat

Kepada semua pihak pun lanjut Marwan, diharapkan untuk membantu dan mendoakan, agar GNCP bisa lolos dalam nominasi dan diakui Unesco.

“Ya, kita berdoa saja, sisanya Allah yang menentukan, terhadap semua upaya, Doa, dan dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Sukabumi juga, sangat kami harapkan,” harapnya.

Turut serta dalam acara tersebut, Ketua DPRD Agus Mulyadi, Kepala Dinas Pariwisata selaku General Manager Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu (GNCP) Dana Budiman, Asda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Dody Somantri, Kepala Bappeda Teja Sumirat, Kabag Ekonomi Yulipri, dan para pegiat pariwisata lainnya.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI