Sukabumi Update

Ini Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pulau Mandra dan Kunti di Ciemas Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi punya Pulau Mandra dan Kunti sebagai salah satu destinasi wisatanya. Ada hal yang perlu kamu ketahui dibalik penamaan dua pulau yang berada di sekitar Pantai Cikadal ini.

Juru kunci Pulau Mandra, Saman (56 tahun) mengatakan, penamaan Pulau Mandra berasal dari kata mantra, yang berarti kalimat sakti. Sebelum masuk ke wilayah Desa Mandrajaya, wilayah ini merupakan bagian administrasi Desa Cibenda.

BACA JUGA: Liburan Akhir Pekan ? Dua Pulau di Ciemas Kabupaten Sukabumi Ini Bisa Jadi Pilihan

"Menurut sesepuh kami, dua desa ini Desa Cibenda dan Desa Mandrajaya punya sejarah yang saling berkaitan," ujar Saman kepada sukabumiupdate.com, belum lama ini.

Kata Cibenda, diambil sebagai nama desa karena latar belakang wilayahnya. Penamaannya tidak terlepas dari kata barang atau benda pusaka.

"Dan itu semua tersimpan di Pulau Mandra, mungkin saat ini belum waktunya untuk membuka kunci rahasia pusaka atau kalimat sakit di Pulau Mandra," kata warga Kampung Cikadal Rt 1 RW 2, Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas ini.

BACA JUGA: Menikmati Bentangan Laut Selatan Kabupaten Sukabumi dari Vihara Nam Hai Kwan Im

Sementara penamaan Pulau Kunti, kata Salman berkaitan dengan cerita orangtua zaman dulu yang sering melihat penampakan mahluk gaib perempuan di pulau tersebut. Adapula yang menyebut penamaan didasari dari kondisi pulau yang memiliki goa.

"Pada intinya, inilah sebuah anugerah dari yang Maha Kuasa. Kita dianugerahi alam yang sangat indah untuk dijaga, dipelihara, dan dimanfaatkan untuk kehidupan," ujar Saman.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI