Sukabumi Update

Bakso Sabar, Makanan Khas Palabuhanratu Sukabumi yang Mendunia

SUKABUMIUPDATE.com - Siapa yang tak mengenal dengan Bakso Sabar, bakso ikan khas Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Bakso ini sudah terkenal karena cita rasanya yang berbeda dari yang lain.

Bakso Sabar diproduksi di Kampung Gumelar RT 1 RW 2, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu. Bakso ini dibuat dari daging ikan berkualitas jenis Tuna dan Ikan Marlin.

BACA JUGA: Peuyeum Ketan Pasir Panjang Ciracap Sukabumi, Rasa Legit Warisan Leluhur

"Bakso yang kami produksi tidak menggunakan sembarangan ikan, hanya dua jenis itu saja," ujar Mastopo (42 tahun), pemilik Bakso Sabar ditemui sukabumiupdate.com di dapur produksinya, Sabtu (24/2/2018).

Untuk menjaga kualitas bakso, Mastopo tak mau ambil risiko. Saat Ikan Tuna dan Marlin sulit didapat dari nelayan, Ia lebih memilih berhenti memproduksi baksonya.

"Seperti yang terjadi Januari kemarin. Terpaksa berhenti produksi, meski cuma dua hari," ujar mastopo.

BACA JUGA: Enaknya Sarapan atau Santap Malam di Cafe Gofe Geopark Ciletuh Kabupaten Sukabumi

Soal rasa, tentu bukan rahasia umum lagi. Meski berbahan dasar daging ikan, rasanya tak kalah dari bakso daging sapi. Gurih, lezat, dan kaya protein yang baik untuk kesehatan tubuh.

Produk Bakso Sabar dipilah menjadi dua pilihan, yakni bakso ikan biasa dan super. Yang membedakan hanya kadar daging ikannya. Bakso Sabar Super, diolah dengan campuran daging ikan tuna dan marlin yang lebih banyak.

BACA JUGA: Iwung Bitung Surade Kabupaten Sukabumi Dipercaya Bisa Obati Kolesterol

"Harga bakso ikan biasa sekitar Rp18 ribu hingga Rp 35 ribu per satu kemasan. Kalau yang super Rp 50 ribu," tutur Mastopo.

Pemasaran Bakso Sabar tidak hanya berkutat di sekitar Palabuhanratu atau Sukabumi saja. Bakso ini banyak dipesan oleh warga dari luar pulau Jawa, bahkan sering dikirim ke luar negeri.

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI