Sukabumi Update

Bukit Panineungan, Wisata Panorama Baru di Girimukti Ciemas Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Masyarakat di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi terus mengembangkan potensi alam untuk dijadikan objek wisata, diantaranya Bukit Panineungan yang berada di Jalur Geopark Loji-Puncak Darma tepatnya di Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Bukit Panineungan menyajikan panorama hamparan keindahan pantai Palampang dan Cikadal, serta hamparan keindahan pesawahan Desa Ciwaru dan Desa Mandrajaya. 

BACA JUGA: Curug Caweni Sukabumi, Telisik Cerita Sosok Wanita Cantik Dibalik Keindahannya

Untuk menuju lokasi tersebut sangatlah mudah, dari Loji menuju Bukit Panineungan sekitar 30 kilometer. Sedangkan arah dari Desa Ciwaru sekitar 3 kilometer dengan jalan yang sudah beralaskan aspal.

Puri (30 tahun) merupakan salah seorang wisatawan dari Kelapa Gading Jakarta. Dia begitu mengaggumi keindahan wilayah selatan Kabupaten Sukabumi apalagi bentangan alamnya dapat terlihat jelas dari bukit Panineungan.

Wisatawan saat menikmati pemadangan di bukit Panineungan | Sumber: Ragil Gilang.

"Pemandangannya cukup bagus, suasana sangat sejuk. Pokoknya mantap untuk selfie dan bersantai sambil menikmati pemandangan laut," jelasnya.

BACA JUGA: Curug Larangan, Wisata Alam Tersembunyi di Ciemas Kabupaten Sukabumi

Sementara itu, Kepala Desa Girimukti Akung Samsudin menjelaskan, masyarakat terus berupaya mengembangkan potensi yang ada untuk sektor pariwisata halnya bukit Panineungan. Menurut dia, bukit Panineungan yang baru dibuka sebulan ini berdiri di lahan milik orang lain namun diberikan tanggung jawab mengelola kepada pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Girimukti.

"Pada intinya kami memberdayakan warga, disana tidak ada retribusi apapun, harga warung standar, tersedia juga nasi liwet dan kelapa muda. Selain pengembangan wisata juga sebagai pemberdayaan ekonomi masyarakat di kawasan Geopark wilayah Desa Girimukti, "pungkas Akung.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI