Sukabumi Update

Seni Budaya se-Jabar Tampil di Acara Helaran Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Kemeriahan hari jadi Kota Sukabumi ke 104 sudah dimulai dengan acara Helaran Seni Budaya Jawa Barat, Kamis (29/3/2018). Sesuai namanya, Haleran menampilkan pawai seni budaya yang diikuti oleh 15 kota dan kabupaten se-Jawa Barat serta tujuh kecamatan se-Kota Sukabumi.

Adapun rute pawai budaya tersebut, antara lain start dari Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, kemudian masuk ke Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan R.E. Marta Dinata, Jalan Siliwangi dan finish di Jalan R. Syamsudin, S.H. Warga tumpah ruah dijalan yang dilewati pawai terutama di depan balai Kota Sukabumi tempat berakhirnya pawai.

BACA JUGA:  Hut Kota Sukabumi Tampilkan Atraksi Memukau

"Temanya adalah mateakeun seni budaya sunda, rempug jukung sauyunan gotong royong babarengan dan diapresiasi oleh sanggar seni yang ada di Kota Sukabumi," ujar Kabid Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Yudi Yustiawan.

Yudi menuturkan, Haleran bertujuan untuk menampilkan keragaman dan seni kepada generasi muda agar kebudayaan terus lestari.

Helaran seni budaya Jawa Barat ini dalam rangka hari jadi Kota Sukabumi ke 104. | Sumber: M Syahrul Himawan

Tidak hanya itu, kegiatan ini diharapkan dapat menarik wisatawan untuk mendatangi Kota Sukabumi.

"Seperti seni tari yang mengunakan beberapa properti hasil karya mereka," tutur Yudi.

BACA JUGA:  HUT 103 Kota Sukabumi, Wali Kota Ajak Masyarakat Berpartisipasi Dalam Pembangunan

Hal senada diungkapkan Wali Kota Sukabumi M Muraz. Menurut dia, semua daerah ikut serta menampilkan sesuatu yang menarik dan kreatif. Sehingga menjadi momentum untuk mengenal kekayaan budaya dan seni setiap daerah.

"Semoga ini menjadi bagian penting Kota Sukabumi," terang Muraz.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI