Sukabumi Update

Geco Jalur Kota Sukabumi, Makanan Lawas Sejuta Umat

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi masyarakat Jawa Barat mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan khas sunda Geco (Toge-Tauco). Makanan lawas khas Cianjur ini hadir pula di beberapa sudut Kota Sukabumi, salah satunya di Jalan Lingkar Selatan, Kelurahan Jayaraksa, Kecamatan Baros.

BACA JUGA: Maknyus dan Sehat, Bakso Balung Bone Jadi  Kuliner Andalan Pujasera Cibadak Sukabumi

Geco dengan komposisi mie, toge, tahu, ketupat, dan tauco itu merupakan makanan sejuta umat. Apalagi dengan harga yang merakyat, serta rasanya yang tak kalah dengan makanan mahal.

"Kami menjual harga satu porsinya hanya Rp 9 ribu," ujar Nurani (21 tahun), Penjual Geco Jalur ditemui kepada sukabumiupdate.com, Jumat (6/4/2018).

Makanan tersebut cukup laris di Kota Sukabumi ini. Biasanya, ludes dalam waktu beberapa jam saja. Tak heran jika ada pembeli yang enggak kebagian, kehabisan saat memesan Geco racikannya. "Kadang buka pukul 09.00 WIB. Pukul 14.00 sudah habis. Tapi kalau lagi sepi sampai pukul 17.00 WIB baru habis," katanya.

Setiap harinya, Nurani menyiapkan hingga tiga kilogram bahan geco. Lebih sedikit dibanding tahun lalu, karena Nurani baru pindah tempat jualan. "Setahun yang lalu bisa menjual lima sampai delapan kilogram. Mungkin kejauhan dari warga," katanya.

BACA JUGA: Jajanan Tradisional Kemasan Modern Ala Dapur Mamah Uneng dari Ciracap Sukabumi

Makanan yang diminati oleh semua kalangan ini, telah Ia jual selama dua tahun. Bahkan, dia telah memiliki cabang di daerah Cisaat, Kabupaten Sukabumi. "Alhamdulillah, usaha turun temurun dari keluarga ini telah memiliki cabang. Walaupun tidak banyak, tapi kami bersyukur," ucapanya.

Dalam usahanya tersebut, terdapat hari libur yakni Rabu dimana lebih memilih pengajian rutinan ketimbang berjualan. "Rabu libur pengajian rutinan di rumah," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI