Sukabumi Update

Geopark Ciletuh Palabuhanratu Tampil di Website Unesco

SUKABUMIUPDATE.com - Geopark Ciletuh resmi menyandang UNESCO Global Geopark (UGG). Pengesahan tersebut disampaikan pada sidang Executive Board Unesco ke-204, Komisi Programme and External Relations, di Paris, Prancis, Kamis (12/4/2018).

Pihak Unesco pun mempublish keanekaragaman warisan bumi yang berada di Kabupaten Sukabumi tersebut, melalui laman websitenya www.unesco.org, Selasa (17/3/2018).

BACA JUGA:  Sah! Ciletuh-Palabuhanratu Sandang Predikat Unesco Global Geopark

Dalam halaman tersebut tertulis tanah pertama di pulau Jawa Barat. Dijelaskan bahwa Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark (UGG) terletak di pulau Jawa, di Kabupaten Sukabumi, barat Indonesia.

Geopark terletak di perbatasan zona aktif tektonik: zona subduksi antara lempeng Eurasia dan lempeng Indo-Australia.

Sementara itu, nama Ciletuh-Palabuhanratu menjadi salah satu geopark yang disahkan untuk ditetapkan sebagai UGG bersama 12 geopark lain dari sebelas negara. 

BACA JUGA: Tinggal Ketuk Palu, Geopark Ciletuh Palabuhanratu Segera Dapat Pengakuan Unesco

Selain Ciletuh Palabuhanratu. Di Indonesia, Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat ditetapkan menjadi geopark dunia.

Geopark Ciletuh Palabuhanratu memiliki keanekaragaman geologi, hayati dan budaya. Terdapat sejumlah air terjun, panorama alam, pantai, bebatuan dan pulau kecil.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI