Sukabumi Update

Puncak Aher, Spot Paralayang Baru di Ciemas Sukabumi

SUKABUMIUPDATE. com - Satu tempat wisata di Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Puncak Aher, titik wisata yang disebut-sebut sebagai salah satu tempat terbaik untuk olahraga paralayang.

Puncak Aher berada di Kampung Pamoyanan Kedusunan Mekarsari I, Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Di lokasi ini wisatawan bisa menikmati pemandang bukit, sawah, serta lautan.

BACA JUGA: Geopark Ciletuh Palabuhanratu Jadi Fokus Pengembangan Wisata Jabar

"Sebelum berubah namanya, puncak tersebut bernama Puncak Pamoyanan, awal disebut Puncak Aher ketika pertama kali Gubernur Jawa Barat menginjakan kaki di Puncak tersebut pada tahun 2014, " ujar Ujang Muhtar (49 tahun) tokoh masyarakat sekitar saat ditemui kepada sukabumiupdate.com, Jumat (20 /4/2018).

Penamaan Puncak Aher dilakukan pada  2015 hingga sekarang. Saat ini, di lokasi tersebut dibuatkan monumen Puncak Aher.

BACA JUGA: Geopark Ciletuh Palabuhanratu Tampil di Website Unesco

Memang, akses jalan menuju lokasi masih berupa jalan tanah baik dari arah Pantai Palangpang atau dari Jalan Ciemas. Kedepan, akses jalan dipastikan akan lebih baik setelah dilakukan peletakan batu pertama oleh Gubernur Aher untuk dimulainya pembangunan akses ke lokasi.  Panjang jalan yang akan dibangun,  sepanjang 13 kilometer menyambungkan ke ruas Loji-Puncak Darma.

"Selain bisa menikmati keindahan alam, di lokasi juga mumpuni buat olahraga Paralayang. Minggu kemarin, 41 penerbangan paralayang telah mencoba lokasi ini." pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI