Sukabumi Update

Rengginang Hanjeli Coklat dari Waluran Sukabumi, Penganan Renyah Untuk Buka Puasa

SUKABUMIUPDATE.com - Rengginang adalah olahan tradisional yang biasanya terbuat dari ketan. Namun ada yang berbeda dengan olahan Rengginang buatan warga Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi. Mereka membuat rengginang dengan campuran bahan baku biji-bijian Hanjeli serta dibalut coklat.

BACA JUGA: Mencicipi Kopi Berkualitas di Jalanan Cibadak Sukabumi

Pengrajin Rengginang, Asep Hidayat mengatakan, pencampuran bahan baku hanjeli dapat menghasilkan beberapa varian rasa, Rengginang tidak hanya terpaku pada rasa original, terasi, atau udang.

"Olahan Rengginang dari bahan hanjeli tampil baru dengan rasa coklat, sangat baik untuk kesehatan apalagi buat buka puasa." ujar asep ditemui sukabumiupdate.com, Sabtu (26/5/2018).

Tidak hanya rengginang, hanjeli juga bisa digunakan sebagai bahan baku olahan penganan lain. Seperti kembang goyang, wajit, dodol, dan peyeum.

Asep mengaku, dirinya memberdayakan ibu-ibu PKK, PKH, dan mantan TKI untuk mengolah hanjeli. "Ke depan olahan hanjeli bisa menjali oleh-oleh khas geopark ciletuh," tuturnya.

Hanjeli merupakan biji-bijian yang mudah didapat warga di Waluran. Proses pengolahan hanjeli untuk dijadikan bahan baku penganan pun dirasa tak sulit.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI