Sukabumi Update

Situ Muaratilu, Destinasi Wisata Baru di Geopark Ciletuh Palabuhanratu

SUKABUMIUPDATE.com - Kawasan UGG Ciletuh Palabuhanratu dikenal dengan banyaknya destinasi wisata alam yang memanjakan mata. Salah satunya Situ Muaratilu, destinasi wisata baru di kawasan tersebut.

Secara administrasi, Situ Muaratilu berada di wilayah Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Lokasinya berada di akses jalan Ciatel - Puncak Darma, yang bisa ditempuh dari arah Paltilu menuju Desa Ciemas dengan jarak 16 Kilometer. Bisa juga dari akses Loji - Puncak Darma dengan jarak 12 kilometer.

BACA JUGA: Pantai Pajagan di Cisolok Sukabumi, Tempat Eksotis Buat Ngabuburit

"Situ Muaratilu yang berada di areal PTPN VIII, merupakan destinasi baru. Lokasinya tidak jauh dari akses jalan utama yang sudah tersedia," ujar Taopik Guntur, masyarakat pemerhati wisata di Ciemas, Jumat (1/5/2018).

Setu tersebut memiliki luas areal sekitar dua hektar. Jangan coba-coba berenang sembarangan, setu ini cukup dalam. Sekitar 12 meter.

Warga yang datang biasanya duduk-duduk di pinggiran seti sambil menikmati pemandangan yang masih alami. Ada pula yang datang untuk memancing.

"Airnya tidak pernah kering walaupun musim kemarau panjang, karena ada sumber mata airnya," tutur Taopik.

"Lokasi tersebut saat ini masih dalam pengembangan dan penataan seiring dengan pembangunan jalur geopark Ciatel - Puncak Darma. Ini potensi wisata yang akan kami kembangkan bersama penggiat wisata Ciemas," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI