Sukabumi Update

Pempek Terbesar di Dunia dari Palembang Dibuat dari 1.7 Ton Telur

SUKABUMIUPDATE.com - Kuliner khas warga Kota Palembang, Sumatera Selatan, pempek lenggang, yang dibuat secara kreatif oleh alumnus SMP Negeri 15 Kota Palembang masuk catatan Museum Rekor-Dunia Indonesia.

Alumnus SMP Negeri 15 Kota Palembang, Senin, 18/6, berhasil memecahkan rekor MURI dengan membuat pempek lenggang terbesar menggunakan 1,7 ton telur.

Ketua Alumni SMP Negeri 15 Kota Palembang Muhammad Hartawan menjelaskan kegiatan tersebut untuk lebih mengenalkan makanan khas kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games pada 18 Agustus-2 September 2018 itu.

"Kegiatan membuat pempek lenggang terbesar dalam suasana Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah ini dijadikan sebagai ajang silaturahmi sekaligus promosi salah satu kuliner Palembang ke seluruh dunia," ujarnya.

Dia menjelaskan pempek lenggang tercatat di MURI dengan ketebalan 15,5 cm menggunakan bahan seperti 170 kg ikan gabus, 170 kg tepung kanji, beberapa bungkus kecil garam, gula 14 kg dan 150 karung arang, serta daun pisang kepok.

"Kami pilih pempek lenggang karena bau khas telur yang unik dan dikenal lebih luas, selama ini orang hanya mengenal pempek lenjer dan pempek telur besar atau yang dikenal dengan pempek kapal selam," ujar dia.

Manager MURI Andre Purwandono mengatakan pemecahan rekor itu bisa dikategorikan di tingkat dunia. Dia mengatakan MURI akan mengenalkan pempek lenggang ke seluruh penjuru dunia sehingga makanan khas Palembang tersebut lebih dikenal. "Dan bisa menjadi salah satu makanan yang dicari wisatawan mancanegara ketika berkunjung ke Bumi Sriwijaya itu," kata dia.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI