Sukabumi Update

Batu Tapak Kuda, Objek Wisata Eksotis di Ciracap Sukabumi Penuh Legenda

SUKABUMIUPDATE.com – Satu lagi spot alam eksotis di Selatan Sukabumi, bagi pecinta travelling dunia. Namanya Batu tapak kuda, berada di alirsan sungai Cikarang yang jernih, di Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap,Kabupaten Sukabumi.

Warga setempat menyebutnya leuwi tapak kuda, karena sungai di spot ini cukup dalam. Disebut tapak kuda karena bebatuan mengampar di pinggir sungai sepanjang 15 meter dipenuhi oleh cetakan seperti tapak sepatu kuda.

Jumlahnya cukup banyak, dengan diameter bervarisi dari yang paling kecil 10 centimeter hingga paling besar 35 centimeter. “Bentuknya seperti hurup U da nada juga yang O, seperti bekas tapak kuda. Makananya warga disini menyebut lokasi ini leuwi tapak kuda,” ucap Pahrudin, salah seorang petani yang punya lahan garapan tak jauh dari leuwi tapak kuda.

BACA JUGA: Batu Karut Palabuhanratu, Warisan Alami Nan Eksotik

Kepada sukabumiupdate.com, Jumat (6/7/2018),Pahrudin menegaskan sebenarnya tak hanya berbentuk tapak kuda, ada juga cetakan dibebatuan yang menyerupai hewan lain manusia,tapi jumlahnya tidak banyak. “Disini juga ada batu masigit yang menurut orang tua dulu terdapat makam keramat,” lanjutnya.

Keberadaan bebatuan eksotis ini memang lebih sohor cerita mistis dan legendanya dibandingkan keindahannya. “Banyak cerita orang tua dulu di lokasi tersebut adalah sebuah kerajaan, bahkan ada yang mengatakan Tapak Kuda merupakan Patilasan Siliwangi,” pungkasnya.

Terlepas dari legenda dan cerita mistis, bebatuan tapak kuda wajib dikunjungi karena keberadaannya memang aneh dan unik. Alam disekitar lokasi batu tapak kuda dan sungai Cikarang yang masih asri membuat lokasi ini pantas untuk dinikmati keindahannya.

Untuk sampai ke lokasi ini, pengunjung bisa menggunakan kendaraan sepeda motor atau berjalan kaki menyusuri jalan setapak kurang lebih 200 meter dari jalan mobil. Leuwi tapak kuda hanya berjarakdua kilometer dari Kantor Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI