Sukabumi Update

Curug Sodong, Air Terjun di Geopark Ciletuh yang Tak Pernah Kering Meski Kemarau

SUKABUMIUPDATE.com - Curung Sodong. Adalah satu dari deretan objek wisata alam yang berada di zona inti Geopark Ciletuh Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Istimewanya, air terjun ini tida pernah kering meski musim kemarau.

Secara administrasi pemerintahan daerah, Curug Sodong berada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas. Air Curug Sodong berasal dari tiga aliran sungai. Yakni Sungai Cikanteh, Cikawung, dan Ciateul.

Ada dua aliran air terjun di Curug Sodong dengan ketinggian sekitar 20 meter. Bentuknya khas, seolah-olah curug yang berbeda. Tak heran, banyak yang menyebut curug ini dengan sebutan Curug Pengantin, atau Curug Kembar.

"Tapi orang tua dulu menyebutnya Curug Sodong. Nama itu yang kami pakai untuk menamai Curug Sodong hingga saat ini," ujar Yudi Mulyadi, Penggerak Wisata Desa Ciwaru ditemui sukabumiupdate.com, Sabtu (7/7/2018).

Dibalik air terjun Curug Sodong, lanjut Yudi, terdapat goa dengan kedalaman sekitar 5 hingga 7 meter. "Keberadaan cerukan yang Nyodong itulah menjadi alasan mengapa dinamakan Curug Sodong. Kalau Curug Kembar atau Curug Pengantin hanya dibuat buat saja," tutur Yudi.

Yudi menambahkan, sudah sejak lama Curug Sodong menjadi lokasi wisata. Namun hanya pengunjung lokal saja.

BACA JUGA: Ini di Kota Sukabumi Lho, Spot Cantik Patut Dicoba

Ketenaran Curug Sodong semakin menggeliat saat dibukanya akses jalan oleh Kepala Desa Ujang Abdurrohim Rochmi atau yang lebih dikenal dengan panggilan Batman. Tepatnya sekitar tahun 2011.

"Sekarang akses jalannya bagus. Jarak dari kantor desa hanya sekitar 2,5 kilometer," ucapnya.

Di kawasan Geopark Ciletuh Pabuhanratu, terdapat banyak air terjun. Curug Sodong terbilang istimewa, tidak pernah mengalami kekeringan meski di musim kemarau.

BACA JUGA: Batu Tapak Kuda, Objek Wisata Eksotis di Ciracap Sukabumi Penuh Legenda

"Dulu pernah ada kemarau selama enam bulan tapi Curug Sodong tak pernah kering, cuma debit airnya berkurang," pungkasnya.

diDesa Ciwaru, Kecamatan Ciemas Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, wisata alam  Curug yang satu ini memang patut anda kunjungi, dengan keistimewaan dan suasana alam bisa membuat anda merasa betah berada di destinasi wisata geopark tersebut.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI