Sukabumi Update

Seru dan Edukatif, Wisata Sejarah Akhir Pekan di Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Puluhan masyarakat tumpah ruah di Balai Kota Sukabumi sejak Minggu (29/7/2018) pagi. Di tempat tersebut, rupanya tengah dimulai tur sejarah seraya menyisir beberapa tempat di Kota Sukabumi yang memiliki nilai historis. Baik peserta maupun panitia, kompak memakai kaos warna putih.

Informasi yang dihimpun, wisata edukatif tersebut merupakan inisiasi Soekaboemi Heritage, Yayasan Dapur Kipahare, Sukabumi Facebook dan komunitas Jelajah Sejarah Sukabumi.

Tempat-tempat yang disambangi antara lain Balai Kota Sukabumi, SMAN 4 Kota Sukabumi, Kantor Telkom, Gedung Juang, Gereja Sidang Kristus, Kantor Pos hingga Pendopo Sukabumi.

Seluruh peserta berjalan-jalan menyusuri satu demi satu bangunan bersejarah tersebut, sambil dipandu narasumber kompeten yang mengulas sejarah dari masing-masing bangunan.

Ketua Paguyuban Soekaboemi Heritage, Irman Firmansyah mengatakan, tur sejarah ini merupakan kali kedua setelah sebelumnya digelar tur serupa di kawasan Ubrug, Kabupaten Sukabumi.

"Kegiatan kali ini lebih besar, karena melibatkan komunitas-komunitas sejarah lain. Juga ada siswa-siswi mulai dari SD, SMP dan SMA yang ada di Sukabumi," kata Firman kepada sukabumiupdate.com, disela-sela tur.

BACA JUGA: Bom-bom Car, Wahana Rekreasi Buatan yang Langgeng di Dunia

Firman menyebut, kegiatan ini sengaja dilakukan agar seluruh masyarakat, terutama generasi muda, agar lebih mengetahui dan memahami seluk-beluk bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Kota Sukabumi.

"Kenapa dilakukan? Karena tidak semua masyarakat paham bangunan bersejarah di kota Sukabumi. Kita berupaya agar generasi muda paham sejarah kotanya sendiri, sehingga muncul kecintaan terhadap kotanya sendiri," tandas Firman.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI