Sukabumi Update

Pertama di Sukabumi, 1000 Kolecer Kemerdekaan Desa Bojonggaling

SUKABUMIUPDATE.com - 1000 kolecer menghiasi langit Desa Bojonggaling, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi. Kincir bambu ini sengaja dibangun untuk tujuan wisata sekaligus memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 73.

Lapangan Sepak Bola Kampung Pasir Haur 24/06 menjadi lokasi utama pertunjukan kolecer ini. Baling baling bambu berbakai ukuran, satu hingga empat meter dengan warna merah putih dibangun oleh warga, sebagai persembahan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Sepanjang jalan dari Kampung Pasir beuntik hingga Titik utama lapangan sepak bola,kurang lebih enam kilometer kanan kirinya dipasang kolecer," tutur Kepala Desa Bojonggaling, Dodih Wahyudi, kepada sukabumiupdate,com, Sabtu(11/8/2018).

Dodih mengaku pertunjukan seni tradisional kolecer ini berkat tingginya partisipasi masyarakat untuk berbuat hal positif demi desanya. “Memang kita punya rencanya untuk menjadi seni budaya kolecer sebagai salah satu aset wisata lokal Desa Bojonggaling, sekarang ada momentum hari kemerdekaan,”

Selain hari kemerdekaan, 1000 kolecer yang diklaim sebagai pertama di Sukabumi ini juga dalam rangka menyambut hari jadi gerakan Pramuka ke 57, yang rencananya akan dipusatkan di lapangan sepak bola Pasir haur,  hari Senin depan (14/8/2018).

BACA JUGA: Sang Pembuat Sekaligus Pengibar Bendera Raksasa di Cidahu Kabupaten Sukabumi

Ketua Forum komunikasi Desa Wisata untuk Selamatkan Lingkungan Hidup (Fokuskadewi untuk Selingkuh) Nur Adi menambahkan bahwa 1000 kolecer ini diharapkan mampu menyedot wisatawan.  “Semua dilakukan sebagai upaya mensejahterakan warga, wisata kolecer menjadi ciri khas karena memang sudah membudaya di sini, dan harus dilestarikan.”

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI