Sukabumi Update

Dodol Ager Rumput Laut Sukabumi Selatan Kenyal-kenyal Legit

SUKABUMIUPDATE.com - Wilayah Pantai Selatan Sukabumi merupakan salah satu penghasil rumput laut, terutama di sekitar perairan Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, sampai perairan Minajaya, Kecamatan Surade. Masyarakat di dua kecamatan tersebut terbiasa mengkonsumsi makanan dari bahan rumput laut, baik dijadikan olahan sayur (tumis), atau dikeringkan untuk dijadikan dodol ager.

"Rumput laut untuk bahan dodol harus dijemur. Sampai kering betul, tidak tercium bau amis dan rasa asinnya hilang, "kata Muryati (50 tahun ) warga Cikangkung, Kecamatan Ciracap, kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (18/8/2018).

Menurut Muryati, untuk sampai kering betul, biasanya butuh waktu penjemuran sekitar 2 sampai 3 Minggu. Tergantung cuaca. "Kadar air dan rasa asin pada rumput laut, bisa mempengaruhi juga untuk dijadikan bahan dodol, "ucapnya.

Untuk dijadikan dodol ager, rumput laut yang sudah dikeringkan lalu direndam air bersih selama sehari semalam. Sampai tekstur rumput laut menjadi agak lunak,  setelah itu direbus sampai pudar sekitar 2 jam. Lau taburi gula merah kelapa, air santan, vanili atau daun pandan. "Bisa juga campuran gula merah kelapa dengan sedikit gula pasir," ujarnya.

BACA JUGA: Ngopi di Pujasera Cibadak Sukabumi, Jelas Beda

"Setelah itu tuangkan adonan yang sudah matang kedalaman nampan atau loyang. Dinginkan selama satu jam, untuk bahannya sebagai perbandingan saja,  rumput laut 500 gram, gula merah 300 gram, gula pasir 100 gram, vanili dan daun pandan secukupnya," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI