Sukabumi Update

Gendu Durian, Kuliner Lokal yang Amat Digemari Tamu Asian Games

SUKABUMIUPDATE.com - Pedagang yang berjualan di area Gelora Bung Karno, Jakarta, di sepanjang penyelenggeraan Asian Games 2019 ini, menyebut gendu durian menjadi kuliner favorit para atlet terutama dari Korea, Jepang dan China.

Salah satu penjaja kuliner yang kerap mendapat pesanan cemilan tersebut adalah. Fransisca Yunisa. Selama Asian Gmes ini Fransisca memang menjual berbagai macam makanan khas Indonesia.

"Gendu durian paling sering diborong tamu Asia Games dari Korea dan Hong Kong,” kata dia di Jakarta, Selasa, 28/8. Gendu durian adalah camilan khas Blora, seperti lempok tetapi bentuknya kukis. Selain para atlet, wartawan dari Lebanon dan Filipina juga menyukai menu sama.

Selain menjual gendu durian, Fransisca juga menyediakan menu nasi gudeg, nasi kuning dan lauk pauk seperti tempe, tahu bacem, ayam bakar dan sayur pepaya. Fransisca biasanya mulai berjualan pada pukul 07.00 WIB.

“Siang hari dagangan sudah ludes. Dalam sehari dapat meraup uang sekitar Rp2 juta," kata Fransisca.

Pedagang lain Arneli yang menjual makanan Padang mengatakan tamu Asian Games sangat menyukai cita rasa kuliner Minang ini. "Mereka suka makanan yang berempah, tetapi yang tidak terlalu pedas dan bersantan," kata dia.

Sumber Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI