Sukabumi Update

Curug Sawer Cidolog Sukabumi, Perpaduan Hijaunya Hamparan Sawah dengan Jernihnya Air Terjun

SUKABUMIUPDATE.com - Bicara objek wisata di Kabupaten Sukabumi seakan tak ada habisnya. Banyak daerah-daerah di kabupaten ini memiliki objek wisata alam yang masih tersembunyi dan belum banyak dikenal, diantaranya curug Sawer Cidolog.

Terletak di kampung rancapalek, Desa Cipamingkis, Kecamatan Cidolog, curug setinggi kurang lebih 20 meter ini berada ditengah rimbunnya pohon. Panorama alamnya semakin mempesona dengan hamparan sawah yang berada tak jauh dari curug.

Curug ini berjarak 5 KM dari Kantor Kecamatan Cidolog. Untuk mencapai lokasi, pengunjung melewati jalan provinsi ruas Sagaranten - Cidolog. Kemudian masuk jalan desa menuju kampung rancapalek. Dari sini pengunjung mesti siap-siap jalan kaki yang jaraknya sekitar 1 KM menuju lokasi curug.

Curug Sawer Cidolog memiliki tinggi sekitar 20 meter. (Foto: Demmy Pratama).

Tenang saja, perjalanan akan terobati dengan hamparan alam khas pedesaan, lahan pesawahan dan rindangnya pepohonan. Air jernih yang mengalir di curug Sawer Cidolog ini berasal dari hulu sungai Cidolog.

Saat ini Pemerintah Desa (Pemdes) Cipamingkis sedang giat mempromosikan lokasi wisata ini. Tapi kendalanya terdapat pada infrastruktur.

BACA JUGA: Mencoba Sensasi Berfoto saat Ribuan Kelelawar Keluar dari Goa Lalay Palabuhanratu

Kepala Desa Cipamingkis Baden Supendi mengatakan pihaknya sangat berharap ada bantuan dari pemerintah kabupaten Sukabumi untuk pengembangan aset wisata yang dimilikinya.

"Kami sangat berharap curug Sawer ini dapat menjadi salah satu destinasi wisata di Sukabumi, agar dapat menopang pendapatan di Desa kami khususnya," pungkas Baden.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI