Sukabumi Update

Mencicipi Tumis Rumput Laut, Menu Rahasia dari Selatan Kabupaten Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Rumput laut selama ini dikenal sebagai bahan utama agar-agar, tapi ternyata rumput laut juga bisa dimasak dengan cara lain seperti ditumis. Masyarakat di wilayah Selatan Kabupaten Sukabumi diantaranya Kecamatan Ciracap, menyajikan rumput laut seperti sayuran pada umumnya.

Cara memasaknya mudah, lalu bumbu dan campuran bahan apa saja yang dibutuhkan.

BACA JUGA: Renyahnya Kerupuk Beras Hitam Waluran Sukabumi, Dijamin Bikin Ketagihan

Nina Herlina (30 tahun) seorang ibu rumah tangga asal Ciracap, menuturkan, rumput laut yang akan dimasak harus segar karena rasanya akan lebih gurih.

"Masaknya seperti menumis sayuran yang lainnya. Cuma bedanya rumput laut harus direndam dulu selama 30 menit dalam air agar benar benar bersih dari pasir dan menghilang kadar garam," ujarnya.

Rumput laut yang sudah bersih kemudian dipotong-potong. Persiapkan juga cabe merah, cabe hijau, bawang merah, bawang putih, tomat, gula merah dan penyadap rasa.

BACA JUGA: Kecap Ikan Cicue, Bukti Kekayaan Kuliner Sukabumi Hasil Laut Palabuhanratu

"Bumbunya dikasih secukupnya agar rasanya tidak asin jangan dikasih garam, karena rumput laut tersebut masih menyimpan rasa asin, dimasak selama lima menit saja. Tumis rumput laut tersebut akan lebih nikmat saat disajikan hangat-hanga," jelasnya.

Sebenarnya, rumput laut juga bisa dimasak menjadi dodol. Tapi cara memasaknya membutuhkan banyak waktu karena rumput laut sebelumnya harus dikeringkan terlebih dulu. Beda dengan tumis rumput laut yang dapat dilakukan kapan pun.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI