Sukabumi Update

Kasepuhan Adat Sinarresmi Ditetapkan sebagai Global Geopark

SUKABUMIUPDATE.com - United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan Kasepuhan Adat Sinarresmi Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sebagai Global Geopark atau Geopark Dunia.

"Alhamdulillah perjuangan semua pihak akhirnya Kasepuhan Adat Sinarresmi yang berada di Kecamatan Cisolok ini diakui UNESCO dan masuk kedalam kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu," kata Sesepuh Kasepuhan Adat Sinarresmi Abah Asep Nugraha di Sukabumi, Jumat, 12/10.

Menurutnya, kurang dari satu tahun sejak diajukannya Kasepuhan Adat Sinarresmi ini menjadi Global Geopark ternyata sudah mendapatkan perhatian dari UNESCO, sehingga bisa ditetapkan sebagai kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang merupakan geopark dunia.

Dengan diakuinya bagian geopark dunia, akan banyak keuntungan yang diperoleh. Salah satunya akan dikenal di mancanegara, sehingga bisa menyedot wisatawan mancanegara untuk datang. Tentu saja ini akan menambah pendapatan asli daerah (PAD).

Abah Asep berharap pengakuan UNESCO ini  bisa membuat warga tetap menjaga kearifan local, walaupun nantinya akan banyak kedatangan wisatawan dari berbagai negara dan daerah. "Kami langsung mengadakan acara tasyakur, diawali dengan ngahuripan dilanjutkan dengan acara syukuran atau hamin doa (dalam bahasa Adat Kasepuhan Sinaresmi)." Acara tasyakuran ini berbarengan dengan diselenggarakannya Ciletuh Geopark  Festival (CGF) sehingga bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Dana Budiman mengatakan Kasepuhan Adat Sinarresmi ini merupakan salah warisan budaya Indonesia yang harus dijaga dan dipertahankan.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI