Sukabumi Update

Menikmati Pemandangan Geopark Ciletuh sambil Meneguk Es Kelapa Muda di Panenjoan

SUKABUMIUPDATE.com - Keindahan kawasan Geoprak Ciletuh Kabupaten Sukabumi akan sangat mengangumkan apabila dilihat dari ketinggian. Salah satu tempat yang bisa menyuguhkan panorama alam tersebut adalah di bukit Panenjoan, Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas.

Dari Panenjoan ini bentangan alam Geoprak Ciletuh begitu jelas. baik lautan dan daratanya. Ada tiga desa yang terletak di bawah Panenjoan tersebut, yaitu desa Ciwaru, Mandra Jaya, dan Mekar Sakti.

Apabila haus dan lapar, banyak bangunan warung yang berdiri menjajakan beragam makanan dan minuman. Satu yang tidak boleh terlewatkan adalah kesegaran kelapanya.

Harganya cukup beragam, kelapa muda Rp 6.000 per buah kalau kelapa yang ukuran besar harganya Rp 8.000 perbuah. Sedangkan untuk es kelapa muda satu gelas Rp 5.000.

Pedagang mengaku yang paling laris adalah es kelapa muda. Pendapatan mereka akan semakin meningkat ketika ada even yang digelar seperti Ciletuh Geopark Festival (CGF) 2018.

Pemadangan kawasan Geopark Ciletuh dari bukit Panenjoan. (Foto: Ragil Gilang).

"Yang laris memang es kelapa muda, kalau hari biasa paling dapat Rp 100 ribu, sedangkan kalau ramai kalau event seperti hari ada CGF bisa meraup Rp 500 - 600 ribu," ujar salah seorang pedagang kelapa Didin Suamsudin (40 tahun).

BACA JUGA: Bukit Cinta Ciemas, Spot Geo Climbing di Geopark Ciletuh Palabuhanratu

Didin mengungkapkan, kelapa yang dijual asli dari kawasan Ciemas. Soal racikan es kelapa sama seperti pada umumnya.

"Es kelapa muda dari air kelapa ditambah gula pasir, pakai pewangi daun pandan dan es batu," pungkasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI