Sukabumi Update

Pentas Seni Membuka Rampak Pajampangan Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah kegiatan pentas seni membuka pelaksanaan Rampak Pajampangan, di Lapang Tegallegok, Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jumat (26 /10 /2018).

Diawali dengan penampilan 26 peserta pasang giri jaka dara, seni Buhun Dongdang, penampilan band Ombak Regge Surade serta pembukaan stand kuliner dan usaha kecil menengah (UKM).

Menurut Ketua Panitia Derry Muziantara, pembukaan acara dilaksanak pada pukul 09.00 WIB, dan dilanjutkan setelah melaksanakan shalat jumat. Acara akan berlanjut hingga Jumat malam dengan penampilan seni calung baceo Gasentra Pajampangan.

BACA JUGA: Catat Tanggalnya! Rampak Pajampangan, Event Kolosal Karya Pemuda untuk Sukabumi Selatan

Derry mengungkapkan, 26 peserta pasang giri Jaka Dara diharapkan akan menjadi duta wisata di kecamatan masing-masing.

Kegiatan ini akan berlanjut hingga Minggu (28/10/2018) mendatang.

Derry mengungkapkan, Rampak Jampang diisi beragam acara yaitu rampak kuliner yang merupakan festinal kuliner dengan menyajikan makanan yang terbagi dalam beberapoa stand yaitu makanan berat, makanan ringan, cafe, oleh-oleh dan food truck. Selain itu ada rampak budaya yang menampilkan kesenian tradisional seperti jaipong, pencak silat, calung, angklung, gondang, tarawangsa, lagu-lagu sundang, dongdang dan rengkak panyadap.

BACA JUGA: Menjelajah Keindahan Pantai Ombak Tujuh Ciracap Sukabumi

Masih kata Derry, selain rampak kuliner dan rampak budaya ada rampak dadangan yang menjual produk pakaian, alat rumah tangga hingga souvenir.

"Kegiatan masih ada lagi yaitu pasang giri jaka dara, launcing GOJAMPANG dan hiburan lainnya. Rampak Pajampangan ini dimeriahkan dengan beragam acara karena merupakan pesta rakyat tanah Pajampangan. Harapnya membangkitkan ekonomia masyarakat dan melestarikan seni budaya termasuk membidik wisatawan agar berkunjung ke Pajampangan," ujarnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI