Sukabumi Update

Viral Tarif Prewed di Jembatan Situgunung Sukabumi Rp 1,5 Juta, Ini Kata Kepala Resort

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Resort Situgunung Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Dudi Yudistira, buka suara soal keluhan warga terkait mahalnya tarif tiket foto pre wedding (prewed) area wisata Situgunung. Khusus untuk di jembatan gantung, penerapan tarif dilakukan oleh pihak ke tiga yakni PT Fontis Aqua Vivam (FAV).

Dudi menjelaskan, penerapan tarif tiket untuk prewed di jembatan gantung adalah kewenangan PT FAV. Perustahaan tersebut punya aturan sendiri, meskipun mengelola jembatan yang berada di dalam kawasan TNGGP.

”Kalau tidak salah untuk prewed di fontis (jembatan gantung,red) paketnya Rp 1,5 juta. Bisa juga ditanya langsung ke pihak fontisnya,” ujar Dudi kepada sukabumiupdate.com, Senin (5/11/2018).

BACA JUGA: Tebang Pohon di TNGGP, Aktivis Lingkungan dan Balai Besar Adu Argumen Soal Konsep Wisata Situgunung

Ia menegaskan tarif tiket masuk area wisata Situgunung sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 tahun 2014. Untuk pengambilan foto prewed di sekitar danau, dikenakan tarif Rp 250 ribu per paket per hari.

"Kalau tiket masuk untuk rekreasi wisata biasa di hari kerja Rp 16 ribu per orang. Sedangkan, untuk hari libur Rp.18.500 per orang. Itu pun, sesuai dengan PP No 12 th 2014," kata Dudi.

Dudi tidak memungkiri, area Situgunung menjadi salah satu tempat favorit bagi warga untuk pengambilan foto prewed. Ini pun membuka peluang usaha bagi warga yang menyewakan Perahu.

BACA JUGA: Dua Hari Dibuka, Ribuan Pengunjung Jajal Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi

"Perahu adalah milik masyarakat dan besar kecilnya sewa perahu itu antara tukang perahu dengan konsumen. Kalau, untuk penarikan uang sewa jembatan danau Rp 300 ribu, sepertinya itu dilakukan oleh oknum warga yang saat itu ada di lokasi," imbuhnya.

Sementara itu, tarif prewed di Situgunung sempat dikeluhkan oleh sejumlah warga. Salah satunya seperti yang disampaikan pemilik akun facebook Koccep.

Dalam postingannya, Koccep mempertanyakan kejelasan aturan tarif kawsan wisata di Situgunung. Ia menghitung, untuk pengambilan foto prewed di Situ Gunung bisa mencapai Rp 2,5 juta. Yakni untuk tarif perahu Rp 700 ribu, jembatan di danau Rp 300 ribu, dan di jembatan gantung serta air terjun Rp 1,5 juta.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI