Sukabumi Update

Curug Ciminyak, 'Obat' Pelepas Penat Rutinitas di Cidadap Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com – Anda yang sedang mencari spot indah nan alami berupa air terjun di Kabupaten Sukabumi selain di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, tidak perlu bingung. Curug Ciminyak bisa dijadikan salah satu pilihannya.

Berada di Kampung Ciwaru RT 017/003, Desa Padasedang, Kecamatan Cidadap, nama Curug Ciminyak memang masih terdengar asing di telinga para traveller Sukabumi maupun luar Sukabumi, tapi jangan khawatir soal keindahanya. Anda tidak hanya akan mendapatkan suasana Curug dengan air yang masih bening, namun, suguhan suasana perdesaan yang masih "gadis".

Teduhnya pepohonan tinggi di kiri kanan jalan menuju lokasi curug dan pemandangan perbukitan yang eksotik akan menjadi "bonus" selama berwisata ke Curug Ciminyak.

Curug Ciminyak memiliki tinggi kurang lebih 30 meter, air terjunnya melewati tiga umpak bebatuan, dihimpit oleh pepohonan lebat di sisi kiri dan kanannya. Pengunjung bisa mandi atau sekedar bermain air di setiap umpak curug, namun harus tetap berhati-hati dan tidak disarankan bagi anak-anak.

Salah satu pengunjung, Embun Bunyamin (37 tahun) mengaku kagum dengan Curug Ciminyak, selain suasana masih alami, ia juga sangat menikmati suasana perdesaan di wilayah curug Ciminyak.

BACA JUGA: Pantai Sangrawayang Sukabumi, Tempat Adem Persinggahan Para Raja

"Air curugnya masih bening, udaranya masih sejuk, viewnya masih sejauh mata memandang, cocok sekali untuk melepaskan penat," kata Embun, Sabtu (1/12/2018).

Namun, menurut Embun, potensi Curug Ciminyak masih memerlukan penataan.

BACA JUGA: Akhir Pekan Seru, Diving dan Snorkeling di Pulau Kunti - Sodong Parat Sukabumi

"Terutama akses jalan, penyediaan fasilitas umum sama publikasinya,” ungkap traveller asal Cianjur tersebut.

Untuk akses menuju Curug Ciminyak, dari Kota Sukabumi bisa langsung menuju ke arah Kecamatan Sagaranten melewati terminal Sukaraja (Jubleg), dari pertigaan terminal Sagaranten (Simpang Baros) menggunakan jalur Tagog Lalay arah ke Kecamatan Cidadap, lokasi Curug berada sebelum Kecamatan Cidadap, sekitar satu kilometer dari jalan Desa. Kalau masih bingung anda bisa bertanya ke warga desa, dengan ramah akan ditunjukan jalan menuju lokasi curug.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI