Sukabumi Update

Keong Macan, Si Loreng yang Menggugah Selera dari Palabuhanratu

SUKABUMIUPDATE.com - Jika anda penggemar seafood, kurang pas rasanya apabila belum mencicipi olahan yang satu ini. Hidangan laut tersebut diolah dari hewan bercangkang yang dikenal dengan nama keong macan.

Di wilayah pesisir, seperti Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, keong macan sudah cukup akrab di telinga masyarakat. Bentuknya tak jauh berbeda dengan keong sawah. Hanya saja, cangkang keong macan bercorak loreng.

BACA JUGA: Kelezatan di Setiap Tusuk Sate Maranggi Hj Nani Jalan Lingkar Selatan Sukabumi

Hidangan keong macan salah satunya bisa anda nikmati di Saung Injuk Abah Yadi, di Kampung Cigebang, Desa Cidadap, Kecamatan Cikakak, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Pemilik Saung Injuk Abah Yadi, Asep Yadi Setiawan (42), mengatakan keong macan adalah salah satu seafood favorit di tempatnya. Keong macan diolah dengan tiga varian rasa. Yakni pedas, asam manis, dan original.

Keong macan hasil tangkapan Abah Yadi yang siap diolah jadi hidangan laut nan lezat. 

"Tentunya diolah dengan bumbu khas di sini. Ada garansi kalau rasanya tidak memuaskan," ujar pria yang akrab disapa Abah Yadi itu kepada sukabumiupdate.com belum lama ini.

Tekstur daging keong macan terasa kenyal di lidah. Abah Yadi menyebut, hidangan laut ini mengandung protein yang cukup tinggi.

BACA JUGA: Sedapnya Bakso Selimut Khas Warung Neng Tyas di Cibadak Sukabumi

Tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk menikmati seafood keong macan. Pengunjung cukup mengeluarkan uang Rp 45 ribu untuk satu porsi.

"Namun seafood ini harus dipesan terlebih dulu. Selain agak langka, kami perlu waktu untuk mengambilnya sendiri dari laut.  Biar kesegaran dagingnya juga terjaga," pungkasnya.

 

Editor : Mulvi

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI