Sukabumi Update

Resep "Rahasia" Jojongkong Pajampangan agar Makin Legit dan Sedap

SUKABUMIUPDATE.com - Kabupaten Sukabumi menjadi daerah dengan banyak tujuan wisata. Tapi tak hanya itu, karena Kabupaten Sukabumi kaya akan ragam kuliner tradisional, salah satu diantaranya kue jojongkong atau jongkong.

Kue ini memiliki tekstur lembut dan rasanya manis.

Di wilayah Pajampangan, makanan ini termasuk favorit, agar terus menggugah selera maka kue jojongkong ini dibuat dengan citra rasa berbeda.

Pembuat kue jojongkong, Noneng Sri Yuningsih (33 tahun), mengungkapkan, untuk membuat kue ini memiliki aroma yang sedap ada resep dalam cara memasaknya. Caranya cukup simpel, cukup dibungkus dengan daun pisang, agar aroma wangi pandan lebih tercium dan air santannya tidak mudah basi juga rasanya benar-benar alami.

BACA JUGA: Mencicipi Minuman dan Makanan Berbahan Buah Markisa Olahan Warga Ciracap

Selain cara memasak, Noneng mengungkapka, perpaduan bahan harus sesuai.

"Untuk membuat 50 bungkus, diperlukan satu liter tepung beras, dua kilogram gula pasir, 10 lembar daun pandan dan 10 biji kelapa untuk diambil air santannya," ujarnya.

Produk jojongkong ini dijual Noneng dengan harga Rp 5.000 perbungkus. Ia bisa membuat hingga 100 bungkus jojongkong apabila ada event, seperti di acara STQ Lapang Lodaya Setra Surade.

"Kalau untuk produksi di rumah saja, pemasarannya biasanya lewat komunitas juga kebetulan kan saya ada grup kuliner Barakatak alumni MAN 3 Sukabumi," tukasnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI