Sukabumi Update

Serunya River Tubing Bersama Komunitas Paguris di Sungai Cimaja Sukabumi, Gratis Lho

SUKABUMIUPDATE.com - Kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu memang banyak menyajikan destinasi yang menarik dikunjungi karena terdiri dari pegunungan, lautan dan sungai.

Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan Geopark Ciletuh Palabuhanratu diantaranya dengan river tubing yang bisa dilakukan di Sungai Cimaja, Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak.

Seperti yang dilakukan komunitas Paguris (Pencinta Alam Gunung Rimba dan Sungai). Komunitas ini sudah berberapa kali melakukan river tubing. Menurut komunitas ini, riber tubing di Sungai Cimaja memiliki sensasi berbeda.

BACA JUGA: Indah Garis Api di Langit Ciletuh, Puncak Darma Spot Pemburu Sunset

"Sensasinya main tubing ini tidak jauh dengan main arung jeram, kalau arung jeram sensasinya pas mau masuk jeramnya. Kalau tubing dirasakannya sendirian tidak berkelompok seperti arung jeram. Pokonya mengasyikan lah bagi pencinta petualangan alam," ujar Sutha (41 tahun), ketua komunitas Paguris.

Menurutnya, Sungai Cimaja memiliki aliran air yang bagus untuk dipakai kegiatan tubing, didukung oleh lokasinya sehingga cocok untuk pemula. Airnya jernih tidak banyak sampah dan limbah rumah tangga karena hulu sungai tidak banyak melalui wilayah permukiman.

Yang lebih mengasyikan, komunitas Paguris tidak memungut biaya untuk river tubing ini. Kalau berminat tinggal menghubungi komunitas ini saja.

BACA JUGA: Curug Ciherang di Cisolok Sukabumi, Bikin Turis Asing Kepincut

"Saat ini kami tidak membuka secara komersil, hanya kegiatan hobi saja, karena kegiatan kami ingin bisa berbagi dengan masyarakat merasakan sensasinya bermain tubing. Intinya sementara masih gratis," ujar Sutha.

Hanya saja, riber tubing bersama Paguris di Sungai Cimaja ini bisa dilakukan saat libur saja, seperti Sabtu dan Minggu.

"Libur tahun baru juga Insya Allah buka kalau ada masyarakat yang mau bermain tubing mah gratis kok," bebernya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI