Sukabumi Update

Situ Ciempang, Potensi Wisata di Desa Jagamukti Surade Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wilayah Desa Jagamukti, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, ternyata menyimpan potensi wisata alam. Selain banyak goa, diantaranya Goa Kolotok dan Goa Hantap serta goa kecil lainnya, tidak jauh dari lokasi goa tersebut terdapat sebuah situ yang terletak di Kampung Naringgul Desa Jagamukti, Kecamatan Surade. Warga sekitar menyebutnya Situ Ciempang.

"Situ tersebut sumbernya dari mata air yang cukup jernih, bersih dan alami," kata penggerak wisata Kecamatan Surade, Entis Sutisna (38 tahun) saat diwawancarai sukabumiupdate.com.

BACA JUGA: Goa Hantap di Surade Sukabumi, Tempat 'Perawan' untuk Bertualang

Warga Kampung Banjarsari RT 03/01 Desa Wanasari, Kecamatan Surade itu menuturkan, letak situ tidak jauh dari Goa Kolotok, sekitar 20 meter jaraknya. Airnya mengalir ke pesawahan di sekitar lokasi tersebut. Tak sedikit orang yang penasaran mendatangi situ tersebut baik untuk melihat-lihat maupun berswafoto.

"Dari goa tidak jauh, tinggal turun ke bawah sebelah barat. Airnya tergolong awet, namun warga hanya memanfaatkan untuk pertanian saja, karena letaknya sangat jauh dari permukiman," pungkasnya.

BACA JUGA: Goa Kolotok, Jejak Tempat Pembuangan Tertuduh Dukun Santet di Surade Sukabumi

Sementara itu, salah seorang tokoh masyarakat setempat, Jaenudin (66 tahun) menambahkan, di Kampung Naringgul ini memang banyak cerita yang menghiasi dan dikisahkan secara jadi turun-temurun. Seperti Goa Kolotok menjadi cerita tempat pembuangan seseorang yang diduga mempunyai ilmu hitam. Begitupun dengan Goa Hantap yang disebut-sebut tempat persembunyian para pejuang.

"Dan Situ Ciempang yang dijadikan tempat pemandian para pejuang saat Agresi Militer Belanda. Wilayah ini salah satu yang dijadikan markas pertahanan para pejuang rakyat," pungkasnya.

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI