Sukabumi Update

Menelusuri Peninggalan Para Nabi di Istana Topkapi

SUKABUMIUPDATE.com - Istana Topkapi yang terletak di Istanbul, Turki, memiliki banyak peninggalan para Nabi sebagai bagian dari museumnya. Bagi kaum Muslim, tempat ini tentu menjadi salah satu tempat yang ingin dikunjungi agar bisa melihat sendiri barang-barang peninggalan para Nabi, terutama peninggalan Nabi Muhammad SAW.

Pada saat memasuki area utama museum di Istana Topkapi, Anda bisa melihat berbagai barang-barang bersejarah dari para Nabi dan juga dari Ka’bah. Karena barang-barang bersejarah ini sangat langka dan memiliki makna yang besar untuk kaum Muslim, Anda tidak boleh mengambil foto di dalam area museum dan tidak boleh menyentuh barang apapun. Peraturan ini diterapkan untuk menghindari kerusakan pada barang-barang dalam museum. Peraturan ini juga mendorong orang-orang yang ingin melihat peninggalan para Nabi untuk melihatnya langsung di Istana Topkapi.

Di dalam Istana Topkapi, ada banyak peninggalan suci yang dikumpulkan di antara abad ke-16 dan abad ke-20. Dari peninggalan Nabi Muhammad SAW, Istana Topkapi memiliki mantel, rambut dari janggut Nabi, gigi Nabi yang rusak dari pertempuran, jejak kakinya, surat, busur, dan juga pedangnya.

Ada juga peninggalan suci yang dikaitkan dengan para Nabi lain, seperti nampan yang digunakan oleh Nabi Ibrahim AS, tongkat Nabi Musa AS, pedang Nabi Daud AS, dan jubah Nabi Yusuf AS. Ada juga koleksi pedang sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW dan kemeja, mantel, dan sajadah putri Nabi Muhammad SAW, Fatimah.

Kenapa barang-barang ini bisa terkumpul di Istana Topkapi? Para sultan Ottoman memiliki tugas untuk memelihara dan memperbaiki Ka'bah di Mekah, sebagai Khalifah Islam dari abad ke-16. Karena banyak benda-benda berharga yang harus diganti dari waktu ke waktu, benda yang lama dibawa ke Istana Topkapi dan menjadi koleksi peninggalan suci. Bagi yang tertarik untuk melihat barang-barang ini secara langsung, bisa melihatnya di Istana Topkapi.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI