Sukabumi Update

Dulu Tempat Sampah, Eloknya Situ Kubang di Desa Citarik Palabuhanratu

SUKABUMIUPDATE.com - Masih bingung menentukan kemana akan menghabiskan waktu hari libur anda, atau mencari objek wisata yang layak untuk dikunjungi bersama keluarga. Tidak ada salahnya menjajal ke Situ Kubang yang terletak di Kampung Tegal Lega Pasir, Desa Citarik, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.

Di sana kita akan dihadapkan dengan pemandangan alam yang indah, pepohonan yang rindang membuat tempat ini menjadi serasa berada di pegunungan yang sangat tinggi, serasa suasana berlibur anda menjadi berkesan.

Situ Kubang pada awalnya hanya tempat kumuh yang biasa dijadikan untuk pembuangan rumah tangga warga sekitar. Namun karena berkeinginan memiliki eko wisata, Kepala Desa Citarik, M Ledi Nurledi berinisiatif untuk menyulapnya menjadi objek wisata alam.

"Alhamdulillah kini sudah bersih dengan adanya situ kubang ini, karena dari awal cita-cita saya ingin di desa kami ada eko wisata yang bisa di nikmati warga masyarakat saat libur akhir pekan atau libur panjang," ujar Ledi kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (26/1/2019).

Meskipun belum terlalu ramai dikunjungi para wisatawan, kata Ledi namun untuk hari-hari libur banyak warga yang berkunjung ke Situ Kubang.

"Intinya memang belum terlalu ramai pengunjung sih, karena masih tahap pembenahan untuk penunjang seperti penataan sekitar," katanya.

Selain itu, ada lima Gazebo atau tempat peristirahatan untuk para pengunjung sambil menikmati alam. "Insya Allah untuk tahun ini secara perlahan akan saya benahi dan di percantik lagi," terangnya.

BACA JUGA: Kisah Noni Belanda dan Jodoh di Curug Cukcrukan Waluran Sukabumi

Selain ke Situ Kubang, ada beberapa tempat yang dapat dikunjungi dan dinikmati oleh wisatawan, salah satunya bukit Repagan di sini pengunjung bisa melihat wilayah Palabuhanratu dari ketinggian.

"Berdekatan dengan Situ Kubang ada juga Goa Saparantu yang merupakan peninggalan sejarah belanda, Curug Dulang yang memiliki tujuh air terjun yang berasal dari Gunung Jayanti di kawasan tersebut," tandasnya.

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI