Sukabumi Update

Menyusuri Terowongan Belanda di Cikarang Surade Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Bangunan peninggalan sejarah berupa terowongan ada di Kampung Bedeng, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. Bangunan yang diberi nama Terowongan Cikarang tersebut menjadi batas antara Kecamatan Surade dan Kecamatan Ciracap.

BACA JUGA: Bertualang Seru di Leuwi Sumelit Geopark Ciletuh Palabuhanratu

Warga setempat sekaligus pegiat wisata, Hermawan (35 tahun) menyebut, berdasarkan penuturan warga lainnya, terutama para orang tua dulu, terowongan itu sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Terowongan diketahui merupakan bagian dari rel kereta api.

"Kalau menurut cerita orang tua dulu, terowongan sudah ada sejak zaman Belanda," ujar Hermawan kepada sukabumiupdate.com, Jumat (2/22/2019).

BACA JUGA: Puncak Manik, Melihat Keindahan Geopark Ciletuh Sukabumi Tak Setengah-setengah

Ia memaparkan, Terowongan Cikarang memiliki panjang sekitar 10 meter,lebar tujuh meter dan memiliki tinggi lima meter. Lokasinya berada di perbukitan, sekitar 200 meter dari Sungai Cikarang dan berada di lahan sebuah perusahaan

"Kondisinya masih utuh, kita bisa masuk menjelajah terowongan. Bisa jadi cagar budaya, dan punya potensi untuk dijadikan spot wisata," pungkasnya.

Editor : Herlan Heryadie

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI