Sukabumi Update

Dua Tempat di Indonesia untuk Menikmati Bunga Sakura, Pilih Mana?

SUKABUMIUPDATE.com  - Ingin menikmati bunga sakura bermekaran, tak perlu jauh-jauh ke Jepang. Beberapa daerah di Indonesia juga menawarkan wisata bunga sakura, dua di antaranya Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat; dan Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bagi yang ingin menikmati wisata Jawa Barat, bunga sakura bisa ditemukan di Kebun Raya Cibodas. Seperti dikutip dari laman resminya, bunga sakura berbunga dua kali dalam satu tahun, yaitu sekitar bulan Januari-Februari dan Juli-Agustus. Bunga sakura yang mekar bisa bertahan empat hari. Waktu untuk tumbuh kuncup bunga hingga gugur sekitar sepekan.

Prunus cerasoides adalah jenis bunga sakura tertua yang ada di Kebun Raya Cibodas yang ditanam pertama kali pada 13 Mei 1971, sekarang berada di vak XX.B. 21 a, b. Sakura Garden dibuat pada Maret 2007 - Desember 2007 dengan luas 6.647 meter persegi untuk menambah taman tematik yang ada di Kebun Raya Cibodas.

Menurut kurator Rosaceae bunga sakura bisa tumbuh di Kebun Raya Cibodas, karena tempatnya di ketinggian yang hampir sama dengan habitat asli. Selain itu kontur tanah dan cara perawatan serta iklim menyebabkan bunga sakura bisa mekar dua kali dalam satu tahun.

Tak mau ketinggalan, Pemerintah Kabupaten Sumba Timur  mengembangkan bunga sakura sebagai objek wisata baru. Bupati Sumba Timur Gidion Mbilijora mengatakan penanaman bibit bunga sakura di sejumlah lokasi di Waingapu, yaitu Kantor Bupati, Lapangan Pemuda, dan Taman Kota.

Selain beberapa tempat itu, Gidion pun berharap bunga sakura bisa ditanami di padang sabana. "Tapi mesti ada yang jaga kalau dikembangkan di padang, karena aspek keamanan terutama dari gangguan ternak," kata seperti dikutip Antara.

Menurut dia pohon Sakura di Sumba Timur belakangan populer karena dianggap bisa tumbuh dan beradaptasi di daerah setempat. Berbeda dengan di Jepang yang mekar pada Maret, bunga sakura di Sumba Timur bisa dinikmati sekitar September.

"Pohon Sakura ini mulai berbunga sekitar bulan September dan bisa bertahan hingga lebih dari dua bulan sehingga cocok menjadi bagian dari tujuan wisata," tuturnya.

Selain dua tempat itu, bunga sakura juga bisa ditemukan di Karangasem, Bali; Batam, Kepulauan Riau; dan Puspitek Tangerang, Banten. Mau pilih yang mana?

Sumber : Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI